CONTOH LATARBELAKANG PENELITIAN SKRIPSI


Tulisan ini merupakan contoh penulisan latarbelakang masalah untuk penelitian Skripsi. Contoh ini dibatasi untuk penelitian konseptual yang dibedakan dengan penelitian eksperimen. Judul penelitian ini yakni “Nilai Inti Hadis Iman Cinta Saudara”.




Latarbelakang Masalah
Iman menjadi keutamaan dalam Islam sebagaimana banyak dituturkan menurut al-Qur’an dan hadis sebagai sumber dasar praktik ibadah kaum muslimin. Para ulama di sepanjang zaman dari berbagai generasi dan dari seluruh aliran telah bersepakat tentang keutamaan iman melalui tafsir al-Qur’an dan penjelasan hadis. Karena keutamaannya sehingga para ulama sangat mementingkan ajaran iman sebagai pondasi segala ibadah kepada Allah Swt. Berbagai golongan ulama mengajarkan keutamaan iman bagi pemahaman kaum muslimin sebagai dasar ibadah. Posisi sentral iman telah menjadi ajaran utama Islam.

Islam mengajarkan iman sebagai pengakuan tidak ada tuhan yang patut disembah kecuali Allah Swt. Iman diajarkan dalam Islam agar kaum muslimin tidak mensekutukan Allah Swt. Ketika Islam datang tampak umat melakukan penyembahan kepada selain Allah Swt. Sehingga Rasulullah Saw. melakukan perbaikan terhadap keyakinan umat untuk mengakui Tauhidullah, yaitu ajaran tentang Kemahaesaan Allah Swt. Nabi Muhammad Saw mengajarkan agar segala pengamalan ibadah umat untuk mendasarkan kepada Tauhidullah. Iman dipahami sebagai ahlak kepada Allah Swt sebagai mahluk-Nya bahwa tidak ada yang layak disembah selain Allah Swt. Karena itu, Rasulullah Saw. datang untuk penyempurnaan ahlak agar pengamalan umat tidak menyimpang dari selain patuh dan ta’at kepada Allah Swt.

Hadis Nabi Saw. menyatakan “Tidak sempurna keimanan seorang dari kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang dia cintai untuk dirinya” (HR. Bukhari & Muslim). Hadis sahih ini menjelaskan keutamaan iman kaum muslim bahwa mencintai kebaikan saudaranya melebihi kecintaan kepada dirinya merupakan bagian dari kesempurnaan iman. Karena demikian utamanya iman sehingga ahlak terhadap kebaikan sesama saudara muslim lebih dari cinta kepada dirinya digolongkan sebagai salah satu iman yang sempurna. Tentu dibutuhkan suatu penjelasan yang terstruktur dan mendalam sehubungan dengan bagaimana nilai-nilai inti hadis tersebut bagi pengamalan ibadah muslim untuk penyempurnaan iman.

Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud melaksanakan penelitian Skripsi dengan judul Nilai Inti Hadis Iman Cinta Saudara: Suatu Penjelasan dengan Pendekatan Syarah.



Demikian, penelitian konseptual tidak dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di masyarakat karena pelaksanaan penelitiannya nanti tidak mencantumkan studi lapangan tetapi terbatas hanya studi pustaka saja. Pada kesempatan lain tulisan tentang penelitian konseptual ini akan diteruskan menjadi contoh yang utuh untuk proposal Skripsi mencakup latarbelakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, kerangka berpikir, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

Selamat berlatih menuju sukses!


Bandung, 09 Desember 2019
Wahyudin Darmalaksana



Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN