USHULUDDIN PERLU MEMIKIRKAN DESAIN PENGABDIAN NILAI-NILAI INTI IMAN


Ushuluddin sebagai pengelola materi dasar Islam perlu memikirkan desain untuk pengabdian masyarakat. Salah satunya pengabdian masyarakat aktualisasi nilai-nilai inti iman melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).



Pengabdian aktualisasi nilai-nilai inti iman mengemuka di dalam kegiatan Workshop Desain Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung di Puri Khatulistiwa Jl. Raya Bandung-Sumedang, Kamis, 05 Desember 2019.

Workshop dibuka oleh Rektor UIN SGD Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. “Desain mesti solutif. Mungkin saja dibuat desain pendidikan keimanan misalnya. Seiring dengan berlangsungnya era revolusi industry 4.0 khawatir keimanan menjadi lemah”, ungkap Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si.

Ushuluddin sebagai Fakultas yang berperan merawat materi dasar Islam di UIN SGD Bandung berusaha merespon tantangan desain pengabdian kepada masyarakat. “Ushuluddin berperan merawat materi dasar Islam. Fakultas ini memungkinkan mendesain pengabdian aktualisasi nilai-nilai inti iman. Nilai-nilai inti yang dimaksud di sini adalah aksiologi”, tegas Dr. Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung.

“Iman merupakan subjek langit yang mesti tumbuh dan hidup di bumi. Akademisi Ushuluddin berperan mengabstraksikan iman ke dalam pengetahuan sistematis untuk menangkap nilai-nilai inti atau aksiologi yang siap diaplikasikan melalui pengabdian kepada masyarakat”, lanjutnya.


Wokshop desain KKN dilaksanakan melalui sidang komisi dan mekanisme pleno. Bertindak sebagai pembicara kunci Dr. Suwendi, M.Ag., Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Agama RI. dan Dr. Deden Effendi, M.Ag., Ketua Konsorsium Wahyu Memandu Ilmu UIN SGD Bandung. Agenda ini dihadiri 100 orang sivitas akademik utusan fakultas di lingkungan UIN SGD Bandung.

(One)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN