USHULUDDIN UIN BANDUNG GELAR KURSUS ONLINE MENYUSUN BASELINE




USHULUDDIN UIN BANDUNG GELAR KURSUS ONLINE MENYUSUN BASELINE



Pendidikan tinggi mendapat tantangan peningkatan capaian kinerja. Ini telah menjadi komitmen pimpinan dan jajaran Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.


Fakultas Ushuluddin (FU) UIN SGD Bandung menggelar “Kursus Online Menyusun Baseline” yang diselenggarakan regular selama tiga hari sejak Kamis 09 Januari 2020 sampai Sabtu 11 Januari 2020. Pelatihan ini digelar dalam rangka persiapan penyusunan rencana strategis (Renstra) FU UIN SGD Bandung 2019-2023.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU UIN SGD Bandung menyampaikan pernyataan. “Renstra 2015-2019 dilanjutkan ke Renstra 2019-2023. Renstra hendaknya merupakan kelanjutan dari sebelumnya. Baseline data menjadi titik tolak untuk penyusunan Renstra,” papar Dekan FU UIN SGD Bandung di ruang kerjanya Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Kamis, 09 Januari 2020.
  
Baseline data adalah informasi dasar yang dihimpun sebelum suatu program kegiatan dimulai. Data ini kemudian digunakan sebagai pembanding untuk memperkirakan dampak program. Bila program institusi mempunyai sasaran dan tujuan tertentu, maka data baseline menjadi sangat dibutuhkan.


Kebijakan Sasaran Strategis
Tahap pertama memperhatikan sasaran strategis yang ditetapkan melalui kebijakan institusi. Di dalam sasaran strategis terdapat indicator kinerja utama (IKU), termasuk baseline, dan target seperti dalam gambar di bawah ini.
  

Gambar 1. Sasaran Strategis


Tinjauan Objektif Baseline
Tahap kedua merupakan tinjauan objektif capaian tahun sebelumnya. Contohnya, sasaran strategis produktifitas publikasi ilmiah. IKU dari sasaran ini antara lain publikasi index Scopus, publikasi index WoS, dan sitasi ilmiah. Tinjauan objektif seperti dalam gambar di bawah ini.
 
Gambar 2. Objektif Index Scopus


Gambar 3. Objektif Index WoS

Gambar 4. Objektif Sitasi Ilmiah


Penyusunan Target Capaian
Tahap ketiga menyusun target berdasarkan baseline. Ini disepakati untuk mengalami kenaikan minimal 5% pertahun, dilihat dari kebutuhan dan kesiapan resources di sebuah institusi. Penyusunan target capaian seperti dalam gambar di bawah ini.   

Gambar 5. Penyusunan Target Capaian


Kursus online melibatkan seluruh pimpinan FU UIN SGD Bandung, yakni Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan, Dr. R. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum., Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Ali Masrur, M.Ag., Wakil II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, dan Dr. Muhlas, S.Ag., M.Hum., Wakil III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama.

Kursus melibatkan pula Ketua dan Sekretaris Jurusan, yakni Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam Dr. Neng Hannah, M.Ag. dan Maman Lukmanul Hakim, M.Ag., Jurusan Tasawuf Psikoterapi Drs. Muhtar Ghazali, M.Ag. dan Dr. Cucu Setiawan, S.Psi.I., M.Ag., Jurusan Studi Agama-Agama Dr. Dadang Darmawan, MA. dan Dr. Ilim Abdul Halim, S.Ag., MA., Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Ecep Ismail, M.Ag. dan Siti Chodijah, M.Ag., dan Jurusan Ilmu Hadis Dr. Agus Suyadi Raharusun, Lc.,M.Ag. dan Dr. H. Reza Fahlevi Dalimunthe, M.Ag.

Ikut serta pula Dr. Irma Riyani, M.Ag., Ph.D., Ketua Laboratorium, dan tenaga kependidikan, yaitu Kepala Bagian dan para Sub Bagian di FU UIN SGD Bandung. Kursus online dipandu oleh prkatisi Strategic Planing, Adi Kurnia, Cahaya Edukasi Insani, Jakarta.



One

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS