CARA MENDONGKRAK PUBLIKASI DIROSAH









Dirosah yang dimaksud di sini adalah bidang ilmu agama dan bisa termasuk juga sosial dan humaniora. Secara umum, bidang Dirosah bisa dikategorikan Social Science.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung tembus publikasi index Scopus 630 dokumen sampai 01 Maret 2020. Dilihat dari subject area, publikasi bidang social science baru mencapai 4.4%.

Ada dua cara mendongkrak publikasi Dirosah. Pertama, kolaborasi sains dan teknologi dengan bidang Dirosah. Meskipun publikasi masih di jurnal sains dan teknologi.

Kedua, penguatan cara menulis paper ilmiah. Penekanan di sini adalah kata “ilmiah”. Harus diakui ternyata paper-paper sains dan teknologi sangat kuat memegang prinsip ilmiah.

Ada pandangan yang mengatakan bahawa paper Dirosah tidak bisa dipaksakan seperti bentuk paper sains dan teknologi. Dalam pandangannya, paper Dirosah memiliki bentuk tersendiri.

Pandangan di atas bisa jadi benar, namun belum tentu sepenuhnya benar pula. Ingin ditegaskan di sini, ada banyak hal yang harus ditiru dari paper sains dan teknologi.

Paper Dirosah dapat meniru paper sains dan teknologi dalam beberapa hal. Pertama, struktur penulisan paper model IMRAD (Introduction, Method, Result, and Discussion).

Kedua, prinsip penulisan judul paper yang mengandung unsur Problem (P), Method (M), dan Result (R). Judul paper singkat, padat, to the point, dan harus dirasakan telah menggambarkan problem, metode, dan hasil.

Ketiga, ini hal teknis, seperti teknik pengutipan wajib menggunakan aplikasi references, tulisan harus sesuai template jurnal sasaran, dan latihan koresepondensi beruapa submit paper ke jurnal sasaran.   

Tiga aspek di atas bisa jadi masih kurang diperhatikan. Jika tiga hal itu segera dilaksanakan secara masif oleh akademisi Dirosah, maka dipastikan dapat mendongkrak publikasi Dirosah.



Bandung, 01 Maret 2020
Wahyudin Darmalaksana, akademisi peminat bidang Dirosah

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN