MEWUJUDKAN JURNAL TERAKREDITASI NASIONAL










Bagaimana mewujudkan jurnal terakreditasi nasional? Tulisan kecil ini merupakan pengalaman Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Mula-mula mendeklarasikan Rektor sebagai “Pemimpin Jurnal Ilmiah”. Mewujudkan jurnal akreditasi Nasional dibutuhkan arah kebijakan, pengaturan (regulation), dan pengelolaan.

Dibuka “Rumah Jurnal” dengan struktur Ketua, Sekretaris, dan Divisi. Rumah Jurnal menjadi ruang berhimpunnya para pengelola jurnal untuk menyiapkan agenda kegiatan.

Penting sekali digelar “Sarasehan” yaitu sebuah pertemuan untuk mendengarkan pendapat ahli yang melibatkan para pengelola jurnal sebagai peserta aktif. Hal penting dari kegiatan ini adalah menghimpun pengetahuan sistematis bagaimana mengelola jurnal yang baik.

Agenda berikutnya indentifikasi jurnal-jurnal internal meliputi kekuatan, peluang, kelemahan, dan tantangan. Dari situ dapat diinventarisir apa yang harus dilakukan.

Selanjutnya, “pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM)”. Mengelola jurnal dan percepatan akreditasi dibutuhkan team kerja. Tim ini akan didasarkan ketersediaan dan kebutuhan SDM sesuai kepentingan akreditasi.

Pasti selalu ditemukan tidak meratanya SDM. Maka strateginya adalah distribusi SDM. Setiap pengelola jurnal diarahkan untuk saling transfer SDM. Rumah Jurnal berperan untuk mengelola SDM bagi kepentingan agenda percepatan akreditasi jurnal.

Alhasil, 33 jurnal tembus akreditasi sepanjang 2018-2019. Berikut ini jurnal terakreditasi Nasional di UIN SGD Bandung, klik di sini.

Semua di atas itu tidak terlepas dari manajemen menyangkut analisis stakeholders dalam skala pengaruh, perhatian, dan dukungan. Diakui dukungan terbesar diberikan oleh Pemimpin Jurnal Ilmiah di internal kampus, yang dalam hal ini Rektor.

Itu pengalaman percepatan akreditasi jurnal di UIN SGD Bandung. Ini disampaikan sebagai sharing suatu best practice. Semoga bermanfaat.



(One)


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN