CARA MUDAH MENYUSUN PENELITIAN







Penyusun penelitian tidak jarang mengalami sumbatan yang menyebabkan pekerjaan penelitian menjadi terhenti. Hal ini bisa ditimbulkan oleh beberapa kendala, seperti tidak ada referensi, hambatan kerangka teoritis, dan penyusunan outline atau daftar isi.

Pelaksanaan penelitian semestinya menyenangkan dan mengalir mengikuti alur yang telah dirancang. Untuk mengatasi hambatan penelitian, kami sampaikan cara mudah mengerjakan penelitian di bawah ini.
  

Matrik terdiri atas kolom Pertanyaan Penelitian, Tinjauan Pustaka, Kerangka Berpikir, dan Daftar Isi. Setiap penelitian biasanya memiliki beberapa pertanyaan. Tugas peneliti adalah melakukan tinjauan pustaka untuk mencari konsep-konsep berkenaan dengan pertanyaan 1, pertanyaan 2, dan pertanyaan 3.

Tugas berikutnya adalah menyusun Kerangka Berpikir. Sebelumnya, peneliti telah melakukan tinjauan pustaka untuk mengenali konsep-konsep. Dalam menyusun kerangka berpikir upayakan paragraf 1 merupakan peta konsep pertanyaan 1 dan paragraf 2 merupakan peta konsep pertanyaan 2 serta paragraf 3 merupakan peta konsep pertanyaan 3.

Terakhir menyusun outline atau daftar isi. Pastikan kerangka berpikir paragraf 1 diarahkan untuk penulisan BAB II dan kerangka berpikir paragraf 2 diarahkan untuk penulisan BAB III serta kerangka berpikir paragraf 3 diarahkan untuk penulisan Bab IV.

Sebagai catatan, penyusunan kerangka berpikir sebaiknya dibuat bagan. Hal ini dimaksudkan agar deskripsi kerangka berpikir ditulis mengikuti alur bagan. Lebih dari itu, bagan kerangka berpikir berperan untuk mengatur susunan Bab dan sekaligus mengatur Sub-sub untuk masing-masing Bab.

Cara ini membimbing pelaksanaan penelitian menjadi mudah. Apabila dijumpai kemacetan dalam penulisan bab-bab penelitian, maka periksa lagi ke belakang dari mulai proposal meliputi pertanyaan penelitian, tinjauan pustaka, dan kerangka berpikir.

Silahkan mencoba dan rasakan sensasinya ternyata pelaksanaan penelitian merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Semoga cara ini memudahkan khususnya bagi mahasiswa yang sedang menyusun Skripsi.


Bandung, 11 Maret 2020
Wahyudin Darmalaksana, Akademisi Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung    

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN