Wahyudin Darmalaksana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kursus
penulisan online sedang berkembang di pendidikan tinggi (King, Keeth, & Ryan, 2018) . Mahasiswa memiliki
sikap positif terhadap kursus penulisan online dibanding perkuliahan tatap muka (Aghajani & Adloo, 2018) . Kursus penulisan
online menjadi alternative kurikulum kuliah tatap muka (Shepherd, 2018) .
Hasil
evaluasi menunjukan bahwa kursus online penulisan menghasilkan efektifitas yang
signifikan (Baldwin, Ching, & Hsu,
2018) .
Dosen berperan melakukan review terhadap tulisan-tulisan mahasiswa dengan
terlebih dahulu menyampaikan prosedur penulisan (Coit, 2014) . Dalam rangka pelaksanaan
paradigma pendidikan yang berpusat pada mahasiswa, koreksi dilakukan melalu
proses review antar-sejawat (peer review) sebelum ditelaah oleh
dosen (Coit, 2014) . Evaluasi peningkatan
kualitas tulisan dilakukan dengan cara membandingkan antara teks pertama dan
teks terakhir (Coit, 2014) . Kalangan mahasiswa
mendapat kepuasan dengan pelaksanaan kursus menuls online (Maha, Shazia, & Jehan, 2016) .
Kursus
menulis online telah terlaksana di UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Darmalaksana, 2020) . Peserta sebanyak
150 yang dibagi menjadi empat grup. Mula-mula disiapkan modul kursus online
untuk selanjutnya dilakukan latihan. Beberapa latihan telah berlangsung mencakup
penentuan tujuan penelitian, membuat kalimat rumusan masalah, latihan melakukan
tinjauan pustaka, dan seterusnya. Kemajuan hasil tahapan latihan penulisan
dikirm ke email dan telah dilakukan proses telaah. Peserta kuliah online tampak
mengalami peningkatan dalam skill penulisan. Target kursus online adalah pembuatan
proposal, pelaksanaan riset mini, dan penulisan artikel.
Daftar Pustaka
Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The Effect of
Online Cooperative Learning on Students' Writing Skills and Attitudes through
Telegram Application. International Journal of Instruction.
Baldwin, S., Ching, Y.-H., & Hsu, Y.-C. (2018). Online Course Design
in Higher Education: A Review of National and Statewide Evaluation
Instruments. Journal of Computing in Higher Education.
Coit, C. (2014). Peer review in an online college writing course. IEEE
International Conference on Advanced Learning Technologies. Joensuu,
Finland: IEEE.
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin
UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
King, C. S., Keeth, S., & Ryan, C. J. (2018). Collaborative
Curriculum Design and Assessment: Piloting a Hybrid First-Year Writing Course. The University of Texas.
Maha, E. T., Shazia, S., & Jehan, A. (2016). Using gamification to
develop academic writing skills in dental undergraduate students. European
of Journal Dental Education.
Shepherd, R. P. (2018). Digital Writing, Multimodality, and Learning
Transfer: Crafting Connections between Composition and Online Composing. Computers
and Composition.