-->

Notification

×

Iklan

Iklan

KURSUS ONLINE MENULIS ARTIKEL ILMIAH

Saturday, April 4, 2020 | 9:16:00 AM WIB Last Updated 2022-11-24T11:24:53Z






Wahyudin Darmalaksana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Kursus penulisan online sedang berkembang di pendidikan tinggi (King, Keeth, & Ryan, 2018). Mahasiswa memiliki sikap positif terhadap kursus penulisan online dibanding perkuliahan tatap muka (Aghajani & Adloo, 2018). Kursus penulisan online menjadi alternative kurikulum kuliah tatap muka (Shepherd, 2018).

Hasil evaluasi menunjukan bahwa kursus online penulisan menghasilkan efektifitas yang signifikan (Baldwin, Ching, & Hsu, 2018). Dosen berperan melakukan review terhadap tulisan-tulisan mahasiswa dengan terlebih dahulu menyampaikan prosedur penulisan (Coit, 2014). Dalam rangka pelaksanaan paradigma pendidikan yang berpusat pada mahasiswa, koreksi dilakukan melalu proses review antar-sejawat (peer review) sebelum ditelaah oleh dosen (Coit, 2014). Evaluasi peningkatan kualitas tulisan dilakukan dengan cara membandingkan antara teks pertama dan teks terakhir (Coit, 2014). Kalangan mahasiswa mendapat kepuasan dengan pelaksanaan kursus menuls online (Maha, Shazia, & Jehan, 2016).

Kursus menulis online telah terlaksana di UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Darmalaksana, 2020). Peserta sebanyak 150 yang dibagi menjadi empat grup. Mula-mula disiapkan modul kursus online untuk selanjutnya dilakukan latihan. Beberapa latihan telah berlangsung mencakup penentuan tujuan penelitian, membuat kalimat rumusan masalah, latihan melakukan tinjauan pustaka, dan seterusnya. Kemajuan hasil tahapan latihan penulisan dikirm ke email dan telah dilakukan proses telaah. Peserta kuliah online tampak mengalami peningkatan dalam skill penulisan. Target kursus online adalah pembuatan proposal, pelaksanaan riset mini, dan penulisan artikel.




Daftar Pustaka

 

Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The Effect of Online Cooperative Learning on Students' Writing Skills and Attitudes through Telegram Application. International Journal of Instruction.
Baldwin, S., Ching, Y.-H., & Hsu, Y.-C. (2018). Online Course Design in Higher Education: A Review of National and Statewide Evaluation Instruments. Journal of Computing in Higher Education.
Coit, C. (2014). Peer review in an online college writing course. IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies. Joensuu, Finland: IEEE.
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
King, C. S., Keeth, S., & Ryan, C. J. (2018). Collaborative Curriculum Design and Assessment: Piloting a Hybrid First-Year Writing Course. The University of Texas.
Maha, E. T., Shazia, S., & Jehan, A. (2016). Using gamification to develop academic writing skills in dental undergraduate students. European of Journal Dental Education.
Shepherd, R. P. (2018). Digital Writing, Multimodality, and Learning Transfer: Crafting Connections between Composition and Online Composing. Computers and Composition.




×
Berita Terbaru Update