MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH









Pendahuluan akan memberi alasan penelitian (penjelasan tentang apa yang diinvestigasi dan mengapa). Pendahuluan biasanya mencakup ulasan penelitian sebelumnya atau teori berkenaan dengan pertanyaan spesifik yang dibahas dalam artikel. Penulis mesti memahami pertanyaan penelitian apa yang sedang dipelajari dan apa yang penulis prediksi akan ditemukan? Membuat pendahuluan artikel jurnal dapat menjadi lebih mudah bila penulis mengingat sejumlah pertanyaan kunci dalam pikiran, dan mencari jawabannya:

Apa tujuan artikel ini?
Apakah hal itu melaporkan hasil eksperimen, postulat/teori baru, atau meninjau teori yang telah dipublikasikan sebelumnya, dan penelitian tentang topik tertentu?

Apa topik artikelnya?
Spesialis apa yang diungkap dalam artikel ini? Apakah hal itu menjawab pertanyaan tertentu, mencoba menjelaskan pengamatan tertentu, menghadirkan model dari beberapa proses, mengeksplorasi hubungan antara dua atau lebih variabel, atau sesuatu yang lain? Lihatlah judul dan abstrak sebagai panduan. Variabel apa yang ditegaskan?

Apa yang sedang berlangsung?
Lihatlah struktur artikel berkenaan dengan catatan khusus suatu bagian dan sub-bagian. Pindai tabel dan gambar. Penulis ingin mendapatkan ikhtisar tentang apa ketika artikel mulai pembahasan, apa yang akhirnya disimpulkan, dan bagaimana penulis membawa ke kesimpulan itu. Apabila penulis menguasai garis besar dari seluruh artikel di dalam benaknya sebelum mulai menulis, maka penulis memiliki peluang yang lebih baik untuk melihat bagaimana masing-masing bagian telah terhubung dengan kerangka berpikir.

Mengapa topik / fenomena ini dianggap menarik atau bermanfaat untuk diteliti?
Mengapa artikel ini menarik minat peneliti ketika diajukan ke jurnal (editor jurnal tidak akan menerima artikel untuk publikasi kecuali bila memenuhi ketentuan ini).

Apa yang sudah diketahui tentang topik / fenomena ini?

Di mana celah (gaps) dengan pengetahuan termutakhir atau pemahaman tentang topik / fenomena ini?

Bagaimana penelitian ini mengisi rongga kosong dalam pengetahuan / atau pemahaman tentang topik / fenomena ini? Ceruk apa yang diisi penelitian ini?

Prediksi atau hipotesis spesifik apa yang sedang diuji? Apa variabel independen utama dan variabel dependen (apa yang diukur oleh peneliti)?



Lihat: CONTOH PENDAHULUAN 



Bandung, 05 Mei 2020
Wahyudin Darmalaksana, Materi diambil dari tweet @Arab_Ademia

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS