JANGAN MEMBUAT LOGO TERLALU BESAR








Kenapa? Logo adalah symbol (lambang) identitias. Tidak ada institusi maju menampilkan logo ukuran besar. Sebab, tujuan institusi adalah menawarkan dan memasarkan ide. Institusi hendak “mengajak” khalayak dalam jangkauan ragam identitas yang luas.

Saat ini pasar semakin cerdas. Bukan logo yang akan dibeli oleh pasar, melainkan ide dan budaya. Justru karena logo maka pasar bisa berpaling, meskipun institusi menawarkan kualitas.

Tak heran bila institusi besar dan maju tidak menampilkan logo, tetapi lebih menunjukan kualitas produk. Adapun logo cukup terselip di balik yang tersembunyi dengan ukuran kecil. Jika pun logo terpaksa mesti ditampilkan, biasanya dilakukan secara koorporasi.

Menampilkan logo terlalu besar merupakan tanda kurang percaya diri. Dapat pula dipahami sebagai kebanggaan identitas tanpa menyadari hidup di tengah-tengah identitas yang lain. Padahal, post-modern bukan era symbol, melainkan era kemitraan, kerjasama, dan kolaborasi.

Jangan menampilkan logo terlalu besar. Bukannya tidak cinta institusi. Misalnya, pendidikan tinggi terkemuka dunia. Tidak terlihat mereka menampilkan logo –dalam ukuran yang teralu besar.


Bandung, 02 Juni 2020
Yudi W. Darmalaksana


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN