-->

Notification

×

Iklan

Iklan

WRITING SPRINTS

Tuesday, June 2, 2020 | 7:29:00 AM WIB Last Updated 2022-11-24T11:26:36Z







Setiap mata kuliah biasanya ada tugas membuat makalah. Sampai semester akhir pasti sudah banyak makalah yang dibuat, baik individu maupun kelompok. Namun, bisa jadi makalah-makalah tersebut disimpan di laptop tidak dipublikasikan untuk dibaca oleh khalayak luas.

Itu kan sayang !

Makalah adalah karya fundamental hasil berpikir sistematis dan bekerja keras dalam menyusun alur (scenario), pencarian referensi, dan pengutipan. Ideal bila makalah dibuat sesuai format (template) artikel. Ketika telah terbentuk, selanjutnya kirim naskah artikel tersebut ke jurnal ilmiah. Jika terbit di jurnal, maka artikel dibaca khalayak luas, dan pada gilirannya hasil lelah berpikir serta bekerja keras yang menyita waktu menjadi terbayar.

Writing sprints adalah kompetisi membuat makalah sesuai format jurnal ilmiah. Tujuannya ialah memastikan pekerjaan menulis selesai, sejak merencanakan pembuatan makalah, menulis isinya, dan hingga publikasi hasil pekerjaan dimaksud. Menulis sejak memulai hingga final dapat dilaksanakan melalui writing sprints.


Bandung, 02 Juni 2020
Yudi W. Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update