IDE-IDE BARU




Siswa sebagai Pusat
Topik memosisikan siswa sebagai pusat sering dijumpai dalam artikel ilmiah. Paradigma ini memandang manusia sebagai entitas yang unik, beragam, dan potensial. Peran pendidikan dalam paradigma ini memasilitasi siswa untuk tumbuh dan kreatif.

Pembelajaran Universal
Saat ini ada big data dalam jumlah yang besar, rumit, tak terstuktur. Pendidikan telah bergeser dari pembelajaran penjelasan ke pembelajaran universal. Pembelajaran baru ini mempertimbakan perangkat pengolahan data spesifik, berpikir kritis terhadap kompleksitas, dan pengelolaan informasi menjadi pengetahuan sistematis (praktis).

Kemitraan, Kolaborasi, dan Berlari
Ketidakpastian masa depan membutuhkan desain untuk pertimbangan keberlanjutan. Ini dimungkinkan ditempuh melalui kemitraan Dosen-Mahasiswa. Serta kolaborasi interdisipliner untuk kepentingan tersedianya pengetahuan yang terbuka di tengah dunia yang berlari.

Kreatifitas, inovasi, dan Normal Baru
Merdeka belajar harus menjamin keuntungan signifikan. Berenang di laut bebas perlu diperkuat melalui kursus, magang, dan pendidikan informal. Setiap saat akademisi diarahkan untuk pengembangan kapasitas skill tanpa batas. Indikatornya ialah pencapaian kreatifitas dan inovasi.

Ini normal baru!

Tabik,
Wahyudin Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN