MAHASISWA PESERTA KELAS MENULIS MENDAPAT ANUGERAH SERTIFIKAT HAK CIPTA DARI KEMENKUMHAM RI.





Mahasiswa peserta kelas menulis mendapt anugerah. Kelas menulis merupakan pusat bantuan penulisan akademik di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

H. Ahmad Fathoni, Wakil Rektor III mendukung inisiatif kelas menulis. “Saya mendukung inisiatif pemberian anugerah di kelas menulis untuk motivasi peningkatan minat akademik mahasiswa,” ujarnya saat ditemui di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, 28 Agustus 2020.

“Kelas menulis berlangsung reguler khusus untuk mahasiswa,” ujar Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin, didampingi para Wakil Dekan R. Yuli A. Hambali, Ali Masrur, dan Muhlas. “Kemajuan dan pencapaian serta keberhasilan peserta di kelas menulis layak mendapat anugerah,” lanjutnya. 

Pemberian anugerah berupa Sertifikat HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dalam bentuk Hak Cipta. Sertifikat pencatatan ciptaan diajukan dan diterbitkan secara resmi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Jakarta.


Penerima anugerah adalah Saudari Nadea Siti Sa’adah Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Anugerah ini merupakan pencapaian penulisan artikel ilmiah dari kelas menulis.


Nadea Siti Sa’adah, mahasiswa semester 6, berhasil melaporkan kemajuan dalam bentuk penulisan proposal penelitian dan pencapaian penulisan artikel ilmiah. “Alhamdulillah, selama belajar di kelas menulis, saya dibimbing terus menerus sampai bisa membuat proposal plus artikel penelitian,” ujarnya.

Kelas menulis menyiapkan dua agenda utama, yaitu tutorial menulis artikel ilmiah selama 1 pekan dan latihan efektif penulisan artikel ilmiah selam 3 pekan.

Latihan penulisan proposal meliputi penyusunan formula penelitian, tinjauan pustaka, kerangka berpikir, dan metode penelitian. Adapun efektif penulisan artikel ilmiah mencakup pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan simpulan.

Bagian dari kelas menulis termasuk login dan submission (pengiriman) artikel ke jurnal ilmiah. Juga praktek penggunaan aplikasi references untuk teknik pengutipan.

Kemajuan pelaksanaan latihan dikirim ke email kelas menulis dan dilakukan feedback (umpan balik) untuk peningkatan kualitas penulisan. Berlangsung pula setoran penulisan per paragraf untuk memastikan keberhasilan.

Kelas menulis khusus mahasiswa diarahkan pada dua hal, yakni penulisan artikel ilmiah pengganti Skripsi dan pengubahan Skripsi menjadi artikel bagi yang telah sidang Munaqosyah. Kelas menulis juga memberikan bantuan penulisan makalah tugas kuliah.

Munaqosyah artikel ilmiah pengganti Skripsi disiapkan rencana pengaturannya. Adapun draf pengaturan Munaqosyah artikel ilmiah di bawah ini:

·     Bimbingan penulisan proposal bersama dosen pembimbing akademik;
·     Ujian proposal dengan menyertakan hasil cek plagiarism;
·     Masa pelaksanaan penelitian;
·     Bimbingan penulisan hasil penelitian ke dalam bentuk artikel ilmiah;
·     Pengiriman (submit) naskah artikel ke jurnal untuk memastikan artikel accepted (diterima) oleh editorial jurnal ilmiah;
·     Bimbingan penyempurnaan artikel berdasarkan hasil ulasan dari reviewer (penelaah) artikel jurnal ilmiah;
·     Daftar munaqosyah dengan melampirkan artikel hasil penyempurnaan berikut letter of accepted artikel (surat keterangan artikel diterima) dari editorial jurnal ilmiah;
·     Pelaksanaan munaqosyah yakni menguji peningkatan kualitas artikel ilmiah hasil penyempurnaan berdasarkan hasil ulasan dari reviewer (penelaah) artikel jurnal ilmiah;
·     Pemberian nilai hasil Munaqosyah;
·     Pengiriman artikel hasil penyempurnaan ke jurnal ilmiah untuk kepastian terbit (published).

Keberhasilan kelas menulis menjadi best paracite (pengalaman terbaik) penulisan artikel ilmiah di kalangan mahasiswa. Piagam kelulusan di kelas menulis diarahkan menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Gelombang I peserta kelas menulis 85 Orang. Berlangsung sejak 1-30 Agustus 2020. Kelas menulis diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuluddin [Wadar].

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS