SKRIPSI MENOREHKAN KISAH








Fokus belum pula hadir. Lintasan datang dan pergi. Ia mengusulkan ini dan itu. Ropositori menawarkan topik banyak hal setelah berulang mengakses internet. Judul-judul terdahulu berderet pada katalog di perpustakaan.

Teman seangkatan beberapa telah lolos ujian proposal. Mereka ada yang udah munaqosyah (sidang ujian skripsi). Bahkan, ada yang udah wisuda pula.
  
Satu topik dirasa menarik. Pembimbing mengulas. Coretan di lembar proposal telah membuat lemas. Tekad menguatkan kembali. Pedoman penulisan mengarahkan. Tapi kata, kalimat, dan paragraf masih berputar-putar.

Fokus akhirnya hadir setelah perjalanan panjang di belantara. Ia menjadi poros kata, kalimat, dan paragraf. Konsentrasi juga energi mefokus ke situ. Jiwa berkata “semoga tidak ada kelokan lagi”.

Sistematika berperan menuntun. Kerangka berpikir membentuk sistematika. Tinjauan pustaka (telaah penelitian terdahulu) menyumbang konsep-konsep untuk kerangka berpikir.

Kini tujuan penelitian segalanya. Di dalamnya ada rumusan. Setelah rumusan ada pertanyaan. Terbentuklah formula, yaitu keselarasan rumusan, pertanyaan, dan tujuan penelitian.

Formula seperti ajang balapan? Ya formula mencukup peta, alur, dan tujuan akhir. Latarbelakang berperan membungkus formula. Terasalah manfaat dari penelitian.

Skenario (metodologi penelitian) terbentang mencakup etape-etape. Etape pemgumpulan data, etape pengolahan data, dan etape penyajian data.

Tidak sampai di situ. Skenario lainnya adalah mengabstraksi data menjadi informasi. Selanjutnya, informasi diintrepretasi menjadi pengetahuan.

Lalu, tembul pertanyaan. Apakah hasil penelitian telah menegaskan rumusan? Apakah hasil penelitian telah menjawab seluruh pertanyaan penelitian? Apakah penelitian berjalan mengikuti alur logika kerangka berpikir?

Apakah tinjauan pustaka berperan menjadi pembanding di pembahasan? Apakah penelitian telah sampai tiba di tujuan? Apakah pelaksanaan penelitian sesuai scenario?

Tibalah pada skenario akhir, yakni simpulan. Di situ ada natijah dan terasalah manfaat penelitian. Disebutkan pula keterbatasan penelitian ini serta pesan.

Ternyata, skripsi menorehkan kisah.


Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Indonesia


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN