-->

Notification

×

Iklan

Iklan

REKTOR UIN BANDUNG MEMBUKA CISS 2020 FAKULTAS USHULUDDIN: Dahsyat Partisipasi Lebih Dari 500 Peserta

Monday, November 23, 2020 | 2:05:00 PM WIB Last Updated 2022-11-15T14:05:11Z
 
REKTOR UIN BANDUNG MEMBUKA CISS 2020 FAKULTAS USHULUDDIN: Dahsyat Partisipasi Lebih Dari 500 Peserta
 

Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung menggelar acara pembukaan konferensi akhir tahun 2020. Kegiatan ini bertajuk The 2nd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) on Islam and the Making of Religious Harmony: The Transformation of Contemporary Islamic Thoughts in The Era of New Media.
 
Agenda CISS 2020 ini akan berlangsung sejak 23 November 2020 sampai 27 November 2020. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Mahmud, M.Si., Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang diwakili oleh Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag., Wakil Rektor I Bidang Akademik.


“Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, khususnya pembicara utama, baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Saya juga mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini serta saya mengucapkan selamat dan sukses,” papar Prof. Dr. Rosihon Anwar, M. Ag., saat membuka acara secara daring di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 23/11/2020.
 
“Saya yakin konferensi ini pasti memberikan dampak yang besar sebagai sumbangan pemikiran bagi tranformasi Islam di era baru media. Selamat atas partisipasi audiens dan presenter, yakin sukses dan berhasil,” lajut Wakil Rektor I.  
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin, menyampaikan sambutan. “Terimakasih untuk segenap pimpinan atas berbagai dukungan yang telah diberikan. Selamat datang kepada seluruh audiens dan presenter. Juga terimakasih untuk seluruh panitia atas berbagai dedikasi hingga terlaksananya kegiatan ini,” ungkap Dekan diwakili para Wakil Dekan, yakni Dr. Rade Juli A. Hambali, M.Hum., Wakil Dekan I, Dr. Ali Masrur, M.Ag., Wakil Dekan II, dan Dr. Muhlas, M.Hum, Wakil Dekan III.
 

“Kita sedang memasuki era baru, yaitu era media. Era ini ditandai antara lain oleh buzzer, hate speech, bullying, and propaganda. Ini tentu mengganggu perdamaian dunia. Karena itu, transformasi nilai Islam dalam sosio-kultur sangat dibutuhkan. Para presenter pasti memberikan dampak kebaikan untuk masa depan dunia di era kontemporer,” tegasnya.
 
“Ada banyak akademisi dan peneliti pemakalah di agenda ini, bahkan dari lingkungan Mahasiswa. Secara khusus untuk seluruh Mahasiswa presenter paper di konferensi ini I Love You All,” tutur Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag.

 
Dr. Dadang Darmawan, M.Ag., Ketua Panitia melaporkan. “Konferensi ini menghadirkan para pemakalah utama dari berbagai universitas dunia, yakni Eropa, Amerika, Australia, dan Malaysia. Tampil juga para pemakalah pendamping dari dalam negeri. Presenter pada konferensi ini terseleksi 318 Orang,” ujar Dr. Dadang Darmawan, M.Ag., Ketua Panitia, didampingi Dr. Irma Riyani, Ph.D., Sekretaris Panitia.
 
“Peserta lebih dari 500 Orang, namun kapasitas virtual meeting terbatas hanya 500 Orang. Karena itu, kami atas nama panitia mohon maaf atas segala keterbatasan,” lanjut Dr. Dadang Darmawan, M.Ag.

 
“Acara ini terselenggara berkat bantuan semua pihak. Kami ucapkan terimakasih dari ketulisan hati yang paling dalam. Khususnya, terimakasih kepada para Ketua dan Sekretaris Jurusan, Laboratorium, Uni-unit, Tata Usaha, tim operator, dan seluruh sivitas akademik Fakultas Ushuluddin. Sekali lagi mohon maaf kepada seluruh pihak atas hal-hal yang kurang berkenan,” tutur Ketua Panitia.
 
Disampaikan pula para narasumber kunci pada konferensi ini. Para narasumber kunci yakni: Prof. Muhamad Ali, Ph.D., University of California, USA; Dr. Adis Duderija, Griffith University, Queensland, Australia; Prof. Dr. Khadijah binti Mohd. Khambali, Academy of Islamic Studies, University of Malaya, Malaysia; Dr. Ismail Ahmed, Passion International University (PIUSAD), Morocco; dan Prof. Etin Anwar Ph.D., Hobart and William Smith College, USA.


Tampil sebagai narasumber kunci di hari pertama, yaitu Prof. Muhamad Ali, Ph.D., yang menyajikan topik “Contemporary Trends in Religious Studies.” Adapun narasumber pendamping yakni Dr. Yeni Huriani, M.Hum., Dosen Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan topik “Women as Agents of Religious Tolerance.” Sesi I ini dipandu oleh Dr. Ilim Abdul Halim, M.Ag., Sekretaris Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Saudara Hilmi Muhammad, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, bertugas sebagai pembaca Kalam Ilahi. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. Ahmad Izzan, M.Ag., Dosen Fakultas Ushuluddin. Acara pembukaan dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Silviana Putri dan Muhammad Rival, keduanya merupakan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Panitia mengumumkan tiap hari akan berlangsung Plenary Session dengan menghadirkan narasumber utama dan narasumber pendamping. Juga diselenggarakan Parallel Session untuk seleksi best paper and presenter. Paper terpilih akan direkomendasi untuk sasaran publikasi di jurnal reputasi global index Scopus dan selebihnya diterbitkan di jurnal terakreditasi Nasional [Buleud].
 


×
Berita Terbaru Update