Mahasiswa Harapan Bangsa Tengah Menghadapi Tantangan Publikasi Ilmiah, Sivitas Dosen Berkomitmen Memberikan Bantuan Latihan Penulisan Artikel Ilmiah

 
 


 
Menulis artikel ilmiah merupakan tantangan mahasiswa harapan bangsa. Tantangan ini dihadapi oleh seluruh mahasiswa di semua negara di tengah keberlangsungan dunia yang kompetitif. Oleh karena itu, pendidikan tinggi di berbagai negara melakukan upaya-upaya strategis dalam rangka menghadapi tantangan tersebut dengan menciptakan praktik-praktik terbaik.
 
Pendidikan tinggi maju di berbagai negara membuka kelas penulisan. Semula, kelas-kelas itu berlangsung informal yang diselenggarakan komunitas menulis. Sejak 1980-an, kelas-kelas menulis mulai berdiri formal di berbagai pendidikan tinggi. Kelas menulis berperan memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Mahasiswa melaksanakan latihan tahap demi tahap mengacu pada panduan. Pelatih melakukan reviu untuk memastikan peningkatan kualitas tulisan sejak setoran paragraph pertama hingga penulisan artikel selesai. Latihan melalui pola feedback (umpan balik) diterapkan untuk memastikan keberhasilan dalam bentuk penerbitan artikel di jurnal ilmiah.
 
Menulis artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa sedang terus digelokaran di Indonesia. Kenyataan ini berlangsung di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fakultas Ushuluddin di kampus ini cukup getol menyelenggarakan kelas-kelas menulis bagi lingkungan mahasiswa sejak tahun 2020. Fakultas ini meniru pelaksanaan kelas-kelas menulis dari pendidikan tinggi di berbagai negara. Ternyata hasilnya efektif dimana sejumlah mahasiswa berhasil publikasi artikel di jurnal ilmiah. Dipastikan kegiatan kelas menulis terus dikembangkan hingga terwujud budaya kondusif. Mula-mula mahasiswa diliatih hingga sukses dan berhasil untuk kemudian berperan mendampingi teman sebaya dan teman sejawat untuk kesuksesan dan keberhasilan yang sama. Kelas-kelas menulis di lingkungan mahasiswa terus didorong supaya dapat menyelenggarakan pelatihan secara reguler, dimana targetnya agar seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk berlatih. Hingga akhirnya menjelma komunitas-komunitas penulisan artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa, terhimpun naskah-naskah artikel mahasiswa siap terbit, dan banjir publikasi artikel di jurnal ilmiah dari lingkungan mahasiswa.
 
Sejauh ini seluruh jajaran sivitas akademik Dosen Fakultas Ushuluddin berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa harapan bangsa dalam perjuangan mereka menghadapi tantangan penulisan artikel ilmiah. Hal yang bisa didaptkan oleh kalangan mahasiswa yakni peningkatan kapasitas penulisan artikel ilmiah dan pendampingan publikasi artikel di jurnal ilmiah. Ini menjadi langkah strategis di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung sambil terus menggali praktik terbaik dalam rangka menyiapkan mahasiswa generasi hebat menuju Indonesia Emas Tahun 2045.
 
 
Bandung, 01 Januari 2021
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN