Mendesaknya Kebutuhan Publikasi Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Ini Agendakan Karantina Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Dosen Muda

 


 


 

 

Akan ada banyak agenda sepanjang tahun 2021. Mengawali Tahun 2021 adalah training penulisan artikel ilmiah bagi Dosen, khususnya Dosen Muda. Mengapa Dosen Muda, karena Dosen Muda disiapkan untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam peningkatan kapasitas skill penulisan artikel ilmiah.

Agenda training dilaksanakan melalui pola karantina, dimana peserta selama tiga hari melakukan latihan penulisan artikel ilmiah. Target dari latihan ini adalah pengusaan manual standar penulisan artikel ilmiah. Manual standar ini pada gilirannya akan menjadi materi pelatihan di lingkungan mahasiswa.

Manual terstandar tentang penulisan artikel ilmiah menjadi penting. Peserta diarahkan rampung menulis naskah artikel ilmiah berbasis manual. Praktik penulisan ini akan menjadi pengalaman dalam memberikan pelatihan kepada mahasiswa. Pada gilirannya manual menjadi terstandar dalam arti semua pelatih menerapkan basis panduan yang sama bagi pelatihan di lingkungan mahasiswa.

Manual bersifat terbuka untuk perubahan dan pengembangan. Workshop menjadi sarana bagi pengembangan manual dimana peserta memberikan koreksi-koreksi bagi terciptanya manual yang lebih terstandar. Pengembangan dan perubahan juga bisa dilakukan oleh personal yang memiliki pengalaman sukses menulis dan publikasi ilmiah.

Training berlangsung kaku bagi praktik tuntasnya penulisan naskah artikel. Manual diuji terlebih dahulu di laboratorium sebelum dijadikan acuan dalam training. Tujuannya agar manual dapat memenuhi ketentuan umum yang diterapkan jurnal ilmiah. Baru manual disebut siap menjadi basis training setelah manual tersebut lolos telaah laboratorium.

Training sangat mendesak terutama dalam menemukan model praktik bersama. Praktik ini ditunggu implementasinya di lingkungan mahasiswa. Dosen Muda memiliki peran utama konektivitas dengan mahasiswa dalam pelatihan menulis artikel ilmiah. Target ke depannya adalah penulisan naskah bersama Mahasiswa, Dosen Muda, dan Dosen Senior. Dosen Senior berperan memberi penguatan pada konten artikel ilmiah berpulang pada bidang ilmu.

Naskah artikel bersama disiapkan bagi keikutsertaan dalam konferensi. Target keluaran konferensi adalah publikasi di jurnal ilmiah special issue yang dibedakan dengan jurnal ilmiah regular. Akan tetapi, artikel bersama ini memungkinkan pula bagi pengiriman ke jurnal ilmiah regular. Artikel dengan kepenulisan bersama memungkinkan dihasilkan dari keluaran mata kuliah atau dihasilkan dari latihan-latihan bersama mahasiswa.

Kita pastikan bersama training penulisan artikel ilmiah bagi Dosen Muda sukses dan berhasil. Sebab, hal ini cukup mendesak. Sisi mendesaknya termasuk untuk kerjasama penulisan artikel ilmiah dengan pendidikan tinggi eksternal.

 

 

Bandung, 01 Januari 2021, Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN