MATERI LATIHAN MAHASISWA

 



Saat ini mahasiswa sudah mulai menerapkan aplikasi references. Aplikasi references adalah perangkat pengelolaan sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah. Pengutipan sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah mengharuskan penggunaan aplikasi references.
 
Ada dua tipe aplikasi references yang diakui menurut standar internasioal dalam penulisan karya ilmiah. Pertama, aplikasi internal computer, dan kedua, aplikasi eksternal computer.
 
Beberapa pendidikan tinggi telah mengenalkan penggunaan aplikasi references internal computer bagi para mahasiswa sejak semester pertama. Pada praktiknya mahasiswa sangat adaftif dalam penerapan aplikasi internal. Mahasiswa memiliki kemampuan skill yang sangat cepat dalam penguasaan aplikasi internal. Adapun tipe aplikasi references internal computer silakan klik di sini !
 
Penerapakan aplikasi references di lingkungan mahasiswa merupakan kemajuan. Tentu, kenyataan peningkatan budaya akademik ini perlu diberikan apresiasi. Hanya saja terkadang masih dijumpai beberapa hal kecil yang kurang diharapkan sehingga dibutuhkan perhatian. Adapun beberapa hal tersebut di bawah ini:


Terkadang penerapan aplikasi kurang tepat dalam memilih type of source (tipe sumber rujukan). Adapun type of source pada aplikasi internal computer meliputi book, book section, journal article, article in a periodical, conference proceeding, report, web site, document from web site, electronic source, art, sound recording, performance, film, interview, dan patent. Pengguna bisa memilih bila sumber rujukan berasal dari buku maka pilih book, bila sumber rujukan berasal dari jurnal maka pilih journal article, bila sumber rujukan diambil dari skripsi, tesis, dan disertasi maka pilih report, bila sumber rujukan diambil dari wawancara maka pilih interview, bila sumber rujukan dari web site maka pilih web site, dan begitu seterusnya.


Terkadang pula masih dijumpai kesalahan dalam penulisan atau pengisian kolom. Hal ini pada dadarnya bisa dihindari karena tiap kolom bila disorot maka muncul contoh (example) pengisian. Sehingga pengguna aplikasi bisa mengikuti cara penulisan sebagaimana contoh itu.
 
Demikian, hal ini disampaikan sebagai upaya mencipta kehati-hatian dan ketelitian dalam latihan penggunaan aplikasi references. Ketelitian sendiri merupakan syarat utama dalam penulisan karya ilmiah. Adapun mahasiswa semester lanjut lebih direkomendasikan untuk penerapan aplikasi eksternal semisal Mendeley dan Zotero. Akhirnya, selamat berlatih dan terus berlatih, yakin pada gilirannya lancar, sukses, dan berhasil.
 
 
Bandung, 20 Desember 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN