SAAT INI METODE PARTISIPASI MASYARAKAT PALING UTAMA

 




Pengabdian kepada mayarakat (PKM) dipahami sebagai pengamalan pengetahuan pada masyarakat melalui metodologi ilmiah. PKM merupakan bagian dari Tri Darma Pendidikan Tinggi (PT).
 
Selain PKM, Tri Darma mencakup pendidikan dan penelitian. Akademisi berperan melaksanakan pendidikan, penelitian, dan PKM.
 
Tri Darma bukan satuan terpisah. Pendidikan terlaksana berdasarkan penelitian dan pengembangan pengetahuan. Penelitian dilaksanakan untuk menghasilkan pengetahuan sistematis. PKM bermakna pula pendidikan serta penelitian. Dalam arti, pendidikan, penelitian, dan PKM, bukanlah entitas terpisah.
 
Terlebih dalam paradigma setara. Paradigma ini memosisikan masyarakat bukan objek. Melainkan semuanya subjek, baik masyarakat maupun PT. Karena setara maka posisi PT dan masyarakat merupakan mitra. Paradigma ini kurang menerima istilah PKM, tetapi menggunakan istilah partisipasi masyarakat.
 
Partisipasi masyarakat berdimensi pendidikan sekaligus penelitian. Berpartisipasi masyarakat berarti meneliti dan bersama-sama melangsungkan pendidikan. Tujuannya ialah untuk pengembangan dan kemajuan.
 
Metodologi ilmiah memainkan peranan penting. Perlu terus-menerus ditemukan metodologi yang tepat bagi terwujudnya partisipasi masyarakat yang diharapkan. Suatu metodologi ilmiah yang partisipatoris, mengembangkan dan memajukan. Menuju tujuan dan cita-cita bersama.
 
Duduk bersama merupakan jalan untuk menemukan metodologi ilmiah partisipasi masyarakat. Duduk bersama antara PT, Pemerintah, Masyarakat, dan Swasta. Dan stakeholders yang lebih luas termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Terasa sekali bahwa saat ini metodologi partisipatoris teramat ditunggu semua pihak. 


Bandung, 21 Desember 2020
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN