Ini hanya kasus kecil, yakni seorang peserta di Kelas Menulis bertanya: “Pak, saya masih bingung bagaimana menyusun kalimat?”
“Gak usah bingung. Ambil kalimat dari artikel jurnal. Kalimat di artikel jurnal pasti udah rapi karena telah melalui proses reviu. Jadi, ambil dari situ.”
Secara lebih spesifik, Generasi Z memiliki karakeristik sebagai berikut: Pertama, fasih teknologi, dimana generasi ini adalah “generasi digital” yang mahir teknologi informasi dan berbagai aplikasi computer; Kedua, dari aspek sosial, generasi ini sangat intens berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua kalangan, khususnya dengan teman sebaya melalui berbagai situs jejaring; Ketiga, generasi yang multitasking, yakni generasi ini dengan berbagai aktivitas dalam satu waktu yang bersamaan, mereka bisa membaca, berbicara, menonton, atau mendengarkan musik dalam waktu yang bersamaan; dan keempat, generasi ini cenderung berkurang dalam komunikasi secara verbal, cenderung bersikap egosentris dan individualis, cenderung menginginkan hasil yang serbacepat, serba-instan, dan serba-mudah, serta tidak sabaran dan tidak menghargai proses (Subandowo, 2017).