Keunggulan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 


Keunggulan menurut KBBI adalah kekuatan daripada yang lain. Apa keunggulan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Visi UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah unggul dan kompetitif di tingkat Nasional pada 2019-2023. Kompetitif menurut KBBI adalah berhubungan dengan persaingan.

Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berusaha menggunggulkan penulisan artikel untuk penerbitan (publikasi) di jurnal ilmiah. Strateginya adalah penguatan keterampilan (skill) dalam penulisan artikel ilmiah.

Mahasiswa didorong melakukan latihan penulisan artikel ilmiah. Hal ini meliputi latihan struktur penulisan, latihan penggunaan aplikasi pengutipan sejak semester pertama, latihan kerapian dalam penulisan, dan latihan templating yaitu menyesuaikan penulisan dengan gaya selingkung yang disediakan oleh jurnal ilmiah.

Berkenaan dengan istilah kompetitif, hal ini dimaknai sebagai motivasi. Hidup ini tidak akan terlepas dari daya saing. Dan tiap orang memiliki kesempatan untuk mengembangkan kapasitas. Siapa yang berhasil tentunya mereka layak mendapat apresiasi dan penghargaan sebagai prestasi.

Sungguhpun demikian, persaingan bukan berarti menutup pihak lain untuk berkembang. Sebaliknya, justru dibutuhkan kolaborasi. Melalui kolaborasi maka tercipta suasana saling menguatkan satu sama lain.

Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung membuka kolaborasi secara lebar di lingkungan internal. Juga dibuka kolaborasi yang selebar-lebarnya dengan lingkungan eksternal. Tujuannya adalah maju bersama.

Seiring dengan penguatan keterampilan penulisan artikel ilmiah, kolaborasi bermakna saling berbagi pengetahuan praktis tentang teknik penulisan. Juga bermakna kemitraan dalam penulisan sebagai penulis utama, penulis pendamping, dan penulis korespondensi.

Pencanangan keunggulan ini adalah itikad untuk dijalani menuju keberhasilan. Strategi dan perjalanannya harus terus dievaluasi dan hasilnya akan dilihat dari hari ke hari sampai 2023.

Apakah ini bisa berhasil? Bismillah. Bersama pasti bisa! [Yudi].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN