Khatam Latihan Penulisan Artikel Ilmiah dengan Submission, Correspondence, dan Published

 


 
 
Kami bergerak dalam bidang pelatihan menulis artikel ilmiah. Dalam latihan kami ada istilah khatam. Khatam berarti tamat atau tuntas dalam mengikuti tahapan latihan.
 
Latihan penulisan artikel disebut khatam bila peserta pelatihan telah melalui tahap submission, korespondensi, dan artikel terbit di jurnal. Submission adalah pengiriman naskah artikel ke jurnal. Korespondensi ialah proses komunikasi elektronikal (digital) antara pengirim naskah dengan editorial jurnal. Adapun terbit bearti artikel berhasil terbit (published) di jurnal ilmiah.
 
Jurnal lazimnya menerapkan open system dalam arti terbuka untuk diakses khalayak melalui register dan kemudian login. Justru register dan login ke jurnal terkadang disajikan pada awal pelatihan. Kecuali disisakan submission, sebab latihan penulisan naskah artikel baru saja akan dimulai. Ini dimaksudkan sebagai motivasi bahwa hasil akhir dari latihan adalah pengiriman naskah artikel ke jurnal ilmiah. Baru nanti setelah latihan penulisan artikel tuntas kemudian memasuki tahap submission.
 
Open journal system beragam bergantung versi yang diterapkan oleh pengelola jurnal. Sebagian menerapkan versi terbaru dan sebagian lagi masih menerapkan versi lama. Meskipun terdapat ragam versi, namun proses submission pada dasarnya memiliki alur yang sama.
 
Setelah tahap submission, peserta pelatihan akan memasuki tahap korespondensi. Setelah pengiriman naskah artikel secara digital ke jurnal, tim editorial jurnal biasanya menanggapi naskah artikel tersebut serta mereka memberikan pertimbangan apakah naskah artikel dikembalikan kepada pengirim ataukah diteruskan kepada peninjau (reviewer) dari pakar atau ahli bidang keilmuan.
 
Biasanya ada notifikasi di email pengirim naskah artikel tentang tanggapan artikel tersebut dari editorial jurnal. Termasuk notifikasi hasil reviu substansi bila status artikel diterima (accepted). Pengirim naskah artikel bertugas melakukan revisi, terlepas apakah mayor ataukah minor, sesuai saran dari reviewer hingga dilakukan login ulang dan pengiriman naskah kembali bila artikel telah selesai direvisi. Tugas pengirim naskah artikel adalah memastikan penyempurnaan naskah artikel sesuai perintah revisi dari reviewer.
 
Termasuk pula notifikasi dari editorial jurnal yang memberitakan bahwa artikel akan segera terbit. Terakhir adalah notifikasi atau informasi di email bahwa artikel telah terbit (published).
 
Paling utama motivasi mengingat latihan pasti menempuh proses yang panjang sejak penulisan sampai submission naskah ke jurnal. Artikel tidak akan terbit di jurnal tanpa submission. Submission tidak akan terjadi tanpa latihan penulisan, tepatnya penyiapan naskah artikel. Pilihannya adalah menyelesaikan tahap demi tahap pelatihan dengan bahagia.
 
Tidak ada kata terlambat, dan tidak ada yang benar-benar khatam. Sebab, meskipun telah khatam tetap mesti berlatih secara berulang-ulang. Sedangkan skill penulisan pasti menjelang seiring intensitas latihan. Ibarat berlatih mengayuh sepeda. Akan banyak dinamika saat latihan di jenjang S1 dan dipastikan menjadi pembalap dalam bersepeda ketika memasuki jenjang S2. Demikian peran besar pelatihan untuk mahasiswa (generasi hebat) dalam menyiapkan mereka menjadi asisten peneliti dosen jelang era merdeka belajar dan kampus merdeka.
 
 
Kelas Menulis

Comments

  1. Siap pak, harus menyelesaikan artikel dengan bahagia 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN