Kuliah Bisa Diganti Dengan Menulis Artikel


 
 
 
Covid-19 belum berakhir. Mahasiswa tidak boleh diberi beban tugas yang terlalu berat. Sehingga kuliah bisa diganti dengan menulis artikel.
 
Di awal kuliah biasanya ada kontrak belajar. Kontrak ini memuat target capaian pembelajaran mata kuliah. Mahasiswa boleh membuat kontrak menulis artikel sebagai pengganti kuliah.
 
Mula-mula akan dibuat grup dengan memanfaatkan aplikasi media sosial bagi mahasiswa yang memilih menulis artikel pengganti kuliah. Mereka akan melakukan penelitian mini (mini research) tentang suatu topik. Hasil penelitian ditulis ke dalam bentuk artikel.
 
Tulisan dikirim melalui email paragraf demi paragraf untuk dilakukan reviu dalam rangka memastikan peningkatan kualitas tulisan sejak awal ditulis sampai penulisan selesai. Reviu meliputi tiga hal. Pertama, kesesuaian penulisan dengan struktur penulisan artikel. Kedua, penerapan aplikasi pengutipan. Ketiga, kerapian dalam penulisan meliputi tanda baca, konsistensi penulisan kata, penulisan huruf kapital dan huruf kecil, spasi, margin, dan lain-lain.
 
Nilai akhir meliputi A, B, dan C. Nilai A bila naskah artikel selesai dan siap dikirim ke jurnal, nilai B bila naskah artikel tidak selesai dengan capaian 70-80%, dan nilai C bila pencapaian penulisan artikel kurang dari 50%.
 
“Ini berlaku pada mata kuliah yang saya ampu. Juga beberapa dosen menerapkan pola ini,” ujar Wahyudin Darmalaksana, Dosen pada Fakultas Ushuluddin saat ditemui di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Kamis, 13 Februari 2021 [Widodo].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

60 Ranking Perguruan Tinggi Di Indonesia