Mendeklarasikan Temuan Penelitian

 



Tujuan penelitian dalam ilmu sosial adalah untuk menemukan bukan membuktikan. Peneliti bertugas untuk mendeskripsikan temuan utama. 

Hendaknya dipertimbangkan kemungkinan tidak ada orang yang berpikir keras berkenaan dengan studi yang kita lakukan. Nyatakan mengapa temuan ini penting. Jika pembaca berpikir kritis tentang temuan ini, mengapa kita tidak memikirkannya.

Tunjukan terlebih dahulu temuan yang paling signifikan. Tidak ada studi dalam ilmu sosial yang begitu baru atau memiliki fokus terbatas sehingga sama sekali tidak ada hubungannya dengan penelitian yang diterbitkan sebelumnya. 

Selain bagian tinjauan pustaka, referensi sumber utama biasanya ditemukan di bagian diskusi. Bagian diskusi harus menghubungkan temuan dengan yang ditemukan dalam penelitian lain. 

Beberapa referensi mungkin berguna untuk perspektif, tetapi kebanyakan referensi harus relatif baru dan disertakan untuk membantu interpretasi atau digunakan untuk menghubungkan ke studi serupa. Hal ini penting karena membandingkan dan mengontraskan temuan penelitian lain membantu mendukung kepentingan keseluruhan hasil dan menyoroti bagaimana dan dengan cara apa penelitian ini berbeda dari penelitian lain tentang topik tersebut. 

Jika studi yang dikutip tidak mendukung temuan, jelaskan mengapa temuan penelitian berbeda dari mereka. Perhatikan bahwa setiap temuan yang signifikan seringkali karena tidak ada penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa temuan tersebut dapat terjadi. 

Jauh lebih baik untuk mengidentifikasi dan mengakui keterbatasan daripada ditunjukkan oleh pembaca. Catat setiap masalah yang belum terjawab yang tidak ditangani oleh penelitian ini.


Kelas Menulis

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN