Repositori sebagai Penghimpun Tugas Makalah Mahasiswa
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
yudi_darma@uinsgd.ac.id
Tujuan penelitian ini ialah membahas peran repositori sebagai fasilitas unggah dokumen tugas makalah mahasiswa. Metode penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan peran signifikan repositori pendidikan tinggi sebagai fasilitas unggah tugas makalah mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa repositori berperan sebagai pra-print penghimpun tugas makalah mahasiswa.
Repositori berfungsi sebagai fasilitas elektronik penyimpanan dokumen. Berbagai keuntungan dapat diperoleh akademisi melalui unggah dokumen pada repositori (Gunandar, 2018). Namun, tugas makalah mahasiswa masih langka dihimpun pada repositori. Oleh karena itu, tulisan ini memandang perlu membahas peran repositori.
Penelitian ini menerapkan jenis kualitatif (Anggito & Setiawan, 2018) melalui metode penelusuran dengan pendekatan analisis isi (Hsieh & Shannon, 2005).
Seluruh kampus dipastikan memiliki repositori. Sebagian masih pada tahap sederhana dan sebagian yang lain telah melalui tahap pengembangan (Tjandra & Widiasri, 2016; Ulum, 2015). Berdasarkan penelusuran ditemukan repositori di bawah ini.
Gambar 1 merupakan resositori UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Repositori ini dikelola oleh perpustakaan. Perpustakaan ini terakreditasi A (Fajri, Nurul; Yulandri, 2018). Akademisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung difasilitasi membuat akun repositori. Sehingga mereka dapat melakukan login untuk menggunggah dokumen.
Ada berbagai keuntungan repositori
bagi akademisi, yaitu yang paling informatif adalah tampilan statistik (Gunandar, 2018). Akademisi dapat meninjau dokumen yang paling banyak diunduh
dan berapa kali diunduh serta dari negara bagian mana yang mengunduh. Statistik
berperan sangat besar dalam memacu produktivitas akademisi. Keuntungan lainnya
ialah dokumen pada repositori akan terdeteksi oleh mesin pengindeks. Seluruh
dokumen pada repositori akan terhimpun pada mesin pengindeks. Apabila dokumen
terhimpun di mesin pengindeks (Darmalaksana et al., 2018), maka khalayak luas yang melakukan sitasi pada dokumen
secara otomatis akan terhitung oleh mesin pengindeks (Untari, 2016). Sitasi berperan besar dalam peningkatan reputasi akademisi (Aini et al., 2019) dan penetapan rangking pendidikan tinggi (Darmalaksana et al., 2018).
Gambar 3. Index Repositori pada
Google Scholar
Gambar 3 menunjukan index
repositori pada mesin Google Scholar. Apabila akademisi unggah (upload) dokumen
pada repositori, maka paling lambat selama lima hari kerja dokumen tersebut
secara otomatis akan terindex oleh Google Scholar. Gambar 3 sekaligus
menampilkan data sitasi hasil dari pengutipan. Akademisi dapat meninjau berapa
kali dokumen disitasi oleh khalayak peneliti (Darmalaksana et al., 2018).
Repositori disedikan bagi unggah
dokumen, baik dokumen pra-print maupun dokomen berupa artikel yang telah
diterbitkan di jurnal ilmiah. Tugas makalah mahasiswa hendaknya diunggah pada
repositori, meskipun belum diterbitkan di jurnal ilmiah. Idealnya memang tugas
makalah mahasiswa berhasil hingga terbit di jurnal ilmiah. Sebab, jurnal ilmiah
merupakan penerbitan (publication) resmi makalah ilmiah akademisi (Asmiati, 2020). Apabila makalah akademisi terbit di jurnal ilmiah, maka
menjadi reputasi serta aktualisi diri (Subekti, 2018). Namun, alangkah baiknya bila pada masa tunggu sebelum
dikirim dan terbit di jurnal ilmiah (Darmalaksana, 2020), tugas-tugas makalah mahasiswa diunggah di reositori tentu dengan
terlebih dahulu melakukan mekanisme seperti cek plagiasi (Falah, 2019). Dokumen pada repositori mengingat akan dipublikasikan
secara luas maka mesti aman dari plagiasi. Adapun mekanisme lainnya akan
bergantung peraturan yang diterapkan oleh pengelola repositori di pendidikan
tinggi (Ulum, 2015).
Tegaslah unggah tugas-tugas
makalah mahasisiswa dan dokumen lainnya pada repositori memiliki manfaat yang
sangat melimpah (Sutarmi,
2010; Tjandra & Widiasri, 2016; Ulum, 2015). Unggah tugas-tugas makalah mahasiswa bermakna sebagai
bentuk apresiasi atas kerja akademik di satu sisi, dan keuntungan besar bagi
pendidikan di sisi lain. Repositori menjadi peluang bagi para dosen pengampu
mata kuliah sebagai fasilitas unggah tugas-tugas makalah mahasiswa.
Simpulan
Repositori berperan sebagai fasilitas penyimpanan dokumen makalah tugas mahasiswa. Makalah mahasiswa diarahkan untuk berhasil terbit di jurnal ilmiah dengan terlebih dahulu memanfaatkan repositori sebagai dokumen pra-print pada masa tunggu sebelum makalah dikirim dan terbit di jurnal ilmiah. Sehingga pemikiran, ide, dan gagasan yang tertuang dalam makalah terdiseminasi, terhimpun pada mesin pengindeks bereputasi, diakses khalayak luas, dan disitasi oleh kalangan peneliti dari berbagai wilayah. Diharapkan penelitian ini memiliki manfaat bagi mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah. Diakui penelitian ini memiliki keterbatasan dalam memaparkan temuan dan pembahasan, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai peran repositori secara lebih luas. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan repositori bagi himpunan tugas makalah mahasiswa melalui pengelolaan perguruan tinggi.
Referensi
Aini, Q., Handayani, I., & Dewi, S. R. (2019). Manajemen Sitasi Dan Publikasi Ilmiah Menggunakan SINTA Score Dalam Meningkatkan Reputasi Peneliti. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 14(2), 94–102.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Asmiati, A. (2020). Strategi Publikasi Jurnal Adabiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Darmalaksana, W. (2020). Login and Submission of Article: A Guide to Academic Writing Practice Classes. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.
Darmalaksana, W., Aziz, W. D. I., Rahmatullah, S., Irwansyah, F. S., Sugilar, H., Maylawati, D. S., & Suhendi, H. Y. (2018). Analisis Ranking Produktivitas Publikasi Ilmiah Berbasis h-Index Google Scholar.
Fajri, Nurul; Yulandri, E. (2018). Perpustakaan UIN SGD Bandung Dapat Akreditasi A. Suaka.
Falah, S. (2019). Pelatihan Mendeley dan Anti-Plagiat untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal, 2(2), 1–5.
Gunandar, M. A. (2018). Analisis Statistik Trafik Website Repositori UIN Alauddin Makassar Menggunakan “Google Analytics.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hsieh, H.-F., & Shannon, S. E. (2005). Three approaches to qualitative content analysis. Qualitative Health Research, 15(9), 1277–1288.
Subekti, N. B. (2018). Rangking Publikasi Ilmiah Internasional Indonesia.
Sutarmi, K. (2010). Peranan repositori institusi dan Perpustakaan dalam meningkatkan visibiliti penyelidikan= The role of institutional repository and Library in enhancing research visibility. Kekal Abadi, 28(2), 1–6.
Tjandra, E., & Widiasri, M. (2016). Sistem Repositori Tugas Akhir Mahasiswa dengan Fungsi Peringkat Okapi BM25. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(2), 88–94.
Ulum, A. (2015). Evaluasi website repositori institusi universitas Surabaya. Pustakaloka, 7(1), 15–28.
Untari, D. (2016). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Sitasi Publikasi di Pusat Penelitian Ekonomi LIPI. Makalah. Seminar Dan Knowledge Sharing Kepustakawan: Kontribusi Pustakawan Berbasis Kajian Dan Standar Forum Perpusdokinfo LPNK Ristek-Jakarta, 30, 33–44.
Repositori berperan sebagai fasilitas penyimpanan dokumen makalah tugas mahasiswa. Makalah mahasiswa diarahkan untuk berhasil terbit di jurnal ilmiah dengan terlebih dahulu memanfaatkan repositori sebagai dokumen pra-print pada masa tunggu sebelum makalah dikirim dan terbit di jurnal ilmiah. Sehingga pemikiran, ide, dan gagasan yang tertuang dalam makalah terdiseminasi, terhimpun pada mesin pengindeks bereputasi, diakses khalayak luas, dan disitasi oleh kalangan peneliti dari berbagai wilayah. Diharapkan penelitian ini memiliki manfaat bagi mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah. Diakui penelitian ini memiliki keterbatasan dalam memaparkan temuan dan pembahasan, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai peran repositori secara lebih luas. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan repositori bagi himpunan tugas makalah mahasiswa melalui pengelolaan perguruan tinggi.
Aini, Q., Handayani, I., & Dewi, S. R. (2019). Manajemen Sitasi Dan Publikasi Ilmiah Menggunakan SINTA Score Dalam Meningkatkan Reputasi Peneliti. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 14(2), 94–102.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Asmiati, A. (2020). Strategi Publikasi Jurnal Adabiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Darmalaksana, W. (2020). Login and Submission of Article: A Guide to Academic Writing Practice Classes. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.
Darmalaksana, W., Aziz, W. D. I., Rahmatullah, S., Irwansyah, F. S., Sugilar, H., Maylawati, D. S., & Suhendi, H. Y. (2018). Analisis Ranking Produktivitas Publikasi Ilmiah Berbasis h-Index Google Scholar.
Fajri, Nurul; Yulandri, E. (2018). Perpustakaan UIN SGD Bandung Dapat Akreditasi A. Suaka.
Falah, S. (2019). Pelatihan Mendeley dan Anti-Plagiat untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal, 2(2), 1–5.
Gunandar, M. A. (2018). Analisis Statistik Trafik Website Repositori UIN Alauddin Makassar Menggunakan “Google Analytics.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hsieh, H.-F., & Shannon, S. E. (2005). Three approaches to qualitative content analysis. Qualitative Health Research, 15(9), 1277–1288.
Subekti, N. B. (2018). Rangking Publikasi Ilmiah Internasional Indonesia.
Sutarmi, K. (2010). Peranan repositori institusi dan Perpustakaan dalam meningkatkan visibiliti penyelidikan= The role of institutional repository and Library in enhancing research visibility. Kekal Abadi, 28(2), 1–6.
Tjandra, E., & Widiasri, M. (2016). Sistem Repositori Tugas Akhir Mahasiswa dengan Fungsi Peringkat Okapi BM25. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(2), 88–94.
Ulum, A. (2015). Evaluasi website repositori institusi universitas Surabaya. Pustakaloka, 7(1), 15–28.
Untari, D. (2016). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Sitasi Publikasi di Pusat Penelitian Ekonomi LIPI. Makalah. Seminar Dan Knowledge Sharing Kepustakawan: Kontribusi Pustakawan Berbasis Kajian Dan Standar Forum Perpusdokinfo LPNK Ristek-Jakarta, 30, 33–44.