Kuliah Metode Penelitian


 

Metode penelitian adalah skenario bagaimana menjalankan penelitian dari memulai hingga selesai. Tulisan ini akan memaparkan bagaimana metode dipraktikan dalam suatu penelitian.
 

Tahap pertama peneliti harus memiliki formula penelitian, yaitu: 1) Rumusan masalah; 2) Pertanyaan penelitian; dan 3) Tujuan penelitian.
 
Contoh:
  1. Rumusan masalah penelitian ini adalah terdapat penjelasan hadis tentang wabah berkenaan dengan pencegahaan penyakit menular.
  2. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana penjelasan hadis tentang wabah berkenaan dengan pencegahaan penyakit menular.
  3. Tujuan penelitian ini adalah membahas penjelasan hadis tentang wabah berkenaan dengan pencegahaan penyakit menular.
 
Tahap kedua peneliti harus melakukan tinjauan pustaka. Hal ini diawali dengan penelusuran terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya berkenaan dengan topik yang akan dibahas. Tinjauan pustaka meliputi nama peneliti, judul penelitian, penerbit dan tahun, metode yang digunakan, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan rekomendasi.
 
Tahap ketiga peneliti harus menyusun kerangka berpikir yaitu alur secara garis besar berjalannya penelitian. Menyusun kerangka berpikir diawali oleh hal umum, dilanjutkan ke hal menengah, dan diakhiri dengan hal khusus.
 
Contoh:
  1. Pemaparan tentang wabah.
  2. Pemaparan penjelasan hadis berkenaan dengan wabah menular.
  3. Pemaparan pandangan ulama tentang pencegahan penyakit menular menurut hadis.
 
Tahap kempat peneliti harus mencantumkan metode penelitian yang digunakan. Contoh, penelitian ini merupakan jenis kualitatif melalui studi pustaka dengan penerapan metode syarah hadis dan analisis isi.
 
Tahap kelima peneliti melakukan pembahasan. Pembahasan berarti “membuktikan” rumusan masalah, menjawab pertanyaan penelitian, dan memastikan tujuan penelitian tercapai.
 
Contoh:
  1. Wabah dalam Pandangan Umum
  2. Syarah Hadis tentang Wabah Menular
  3. Pandangan Ulama tentang Pencegahan Wabah menurut Hadis
 
Tahap keenam menyimpulkan. Kesimpulan adalah hasil akhir (natijah) dari pembahasan penelitian. Di kesimpulan sebutkan pula manfaat hasil penelitian, keterbatasan penelitian, dan rekomendasi.
 
 

Materi ini ditulis secara khusus bagi kepentingan mata kuliah metode penelitian pada Jurusan Ilmu Hadis.

Bandung, 03 Maret 2021
Wahyudin Darmalaksana, Akademisi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung  


Comments

  1. keren pa, terimkasih atas ilmu barunya pak. semoga berkah untuk semuanya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN