Mari Kejar Prestasi dalam Penulisan Artikel Ilmiah, Dekan: Adik-adik Mahasiswa Layak Mendapat Penghargaan

 



Adik-adik mahasiswa yang baik. Mari kejar prestasi akademik. Salah satunya penerbitan artikel di jurnal ilmiah.
 
Ketika berhasil menerbitkan artikel di jurnal ilmiah, maka adik-adik mahasiswa layak mendapat apresiasi dan penghargaan yang tinggi. Hal ini sekaligus menjadi kebanggaan semua pihak.
 
Ada cara efektif untuk meraih prestasi akademik dalam penerbitan artikel di jurnal ilmiah. Pertama, hendaknya sejak semester pertama adik-adik mahsiswa belajar melaksanakan penelitian mini (mini reseach) dengan cara mengakses sumber-sumber rujukan pada Google Scholar. Untuk mengakses judul-judul sumber rujukan klik di sini.
 
Kedua, hendaknya adik-adik mahsiswa berlatih menuangkan hasil penelitian mini menjadi makalah dalam bentuk artikel ilmiah. Adik-adik mahasiswa pasti mampu latihan penulisan artikel ilmiah dengan cara ATM (Ambil, Tiru, dan Modifikasi). ATM menjadi penting bagi pelatihan penulisan makalah sesuai struktur penulisan artikel ilmiah. Jika makalah ditulis secara cermat dengan mengikuti struktur penulisan artikel ilmiah, maka dipastikan dosen bersedia memeriksa karya tersebut hingga memenuhi kelayakan terbit di jurnal ilmiah. Struktur penulisan artikel ilmiah berikut cara penulisannya klik di sini.
 
Ketiga, hendaknya adik-adik mahsiswa berlatih penerapan aplikasi pengutipan (references) dengan memanfaatkan minimal fitur Ms. Word pada fasilitas internal komputer. Lebih ideal lagi bila adik-adik mahasiswa bersedia menggunakan aplikasi otomatis eksternal komputer, yakni Mendeley. Kenyataannya, adik-adik mahasiswa sangat adaptif menerapkan Mendeley meskipun di semester pertama. Adapun aplikasi manual paling minimal pada fasilitas internal komputer klik di sini.
 
Cara efektif di atas telah terbukti ampuh dalam upaya adik-adik mahasiswa mengejar prestasi penerbitan artikel di jurnal ilmiah. Mari kejar prestasi dan yakin semua biasa!
 
 
Bandung, 14 Maret 2021
Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN