Projek Penulisan Artikel Mini Hadis Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi





 

Anak-anaku sekalian telah melaksanakan latihan tahap pertama. Selamat, ini merupakan kemajuan yang luar biasa. Semua telah menggunakan aplikasi pengutipan (references), bahkan banyak yang menggunakan Mendeley. Congratulations!
 
Templet
Anak-anaku sekalian juga luar biasa tampak patuh mengikuti struktur penulisan sesuai templet (gaya selingkung). Template ini berperan dalam tiga hal. Pertama, sebagai acuan praktik penulisan bahwa struktur penulisan tidak boleh keluar dari templet. Kedua, sebagai acuan dalam pelaksanaan reviu dan feedback (umpan balik) untuk melihat kesesuaian hasil latihan penulisan dengan templet. Ketiga, templet menjadi format baku yang menyeragamkan hasil latihan bagi kepentingan penerbitan di jurnal ilmiah.  
 
Reviu dan Feedback
Mengapa dilakukan reviu dan feedback? Hal ini paling utama adalah agar dihasilkan tulisan dengan kualitas yang baik. Biasanya bila dilakukan reviu dan feedback maka akan berlangsung peningkatan kualitas penulisan dimana peserta tidak mengulangi kesalahan-kesalahan teknis yang sama pada paragraf-paragraf selanjutnya di masa yang akan datang. Di sinilah makna setoran secara bertahap yakni agar secara bertahap pula peserta meningkatkan kualitas penulisan, terutama menyangkut kerapian dalam penulisan. Bagi kelancaran project ini telah ditetapkan ketentuan revisi, khususnya ketentuan jangan menghapus tanda hasil reviu.
 
Latar Belakang dan Masalah
Tahap pertama adalah penulisan paragraf bagian latar belakang dan masalah pada bagian pendahuluan. Paragraf ini berperan mengantarkan pembaca pada fokus studi. Pada bagian ini dicantumkan dua sampai tiga kutipan dari sumber rujukan dengan menerapkan aplikasi references. Bagian ini sekitar 150-250 kata sudah cukup. Jika deskripsi terlalu kepanjangan, maka akan berguna nanti sebagiannya dipindahkan ke bagian hasil dan pembahasan.
 
Teks Hadis dan Terjemah
Sebagian besar tampak telah menyertakan teks hadis dan terjemahnya. Ini berarti anak-anaku sekalian telah menemukan teks hadis pada aplikasi hadis. Pada bagian ini jangan lupa cantumkan pula nomor hadis. Pencantuman teks hadis sebagian besar sudah benar, namun ada yang mencantumkan teks hadis dalam format JPG, hal terakhir ini tidak diperkenankan.  
 
Formula Penelitian
Beberapa telah sampai pula pada bagian formula penelitian sebagaimana templet. Bahkan, banyak yang sudah sampai pada bagian ini. Memang bagian ini tidak pelik hanya memindahkan dari templet. Formula penelitian ini menjadi format baku sehingga pengerjaannya cukup memindahkan dari templet dengan mengganti topik sesuai fokus pembahasan. Contoh formula penelitian di bawah ini:
 
Berdasarkan paparan di atas, formula penelitian disusun, yakni rumusan masalah, pertanyaan penelitian, dan tujuan penelitian (Darmalaksana, 2020). Rumusan masalah ini adalah terdapat hadis Nabi Saw tentang tumbuhan Senna. Pertanyaan penelitian ini ialah bagaimana hadis Nabi Saw tentang tumbuhan Senna. Tujuan penelitian ini yaitu membahas hadis Nabi Saw tentang tumbuhan Senna.
 
 
Melihat kemajuan yang luar biasa ini, maka dapat dipastikan anak-anaku sekalian bisa menyelesaikan bagian pendahuluan dengan baik. Bagian pendahuluan, sebagaimana telah disebutkan di atas, yakni mencakup latar belakang dan masalah, nomor hadis, teks hadis dan terjemahnya, dan formula penelitian.
 
Metode Penelitian
Anak-anaku sekalian, selanjutnya penulisan metode penelitian. Ambil dari templet dengan mengubah beberapa bagian di bawah ini:
 
Metode penelitian ini bersifat kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan (Darmalaksana, 2020). Sedangkan metode yang diterapkan adalah takhrij dan syarah hadis (Soetari, 2015). Adapun interpretasi dalam penelitian ini digunakan pendekatan dengan analisis bidang kimia (Cari kutipan tentang analisis bidang kimia).
 
Secara umum, ada dua tahap penelitian tentang hadis, yaitu takhrij dan syarah. Takhrij adalah proses mengeluarkan hadis dari kitab hadis untuk diteliti kesahihannya, sedang syarah ialah penjelasan teks hadis dengan analisis tertentu (Soetari, 2015). Bidang kimia sendiri, sebagai sarana interpretasi dalam penelitian ini, yaitu ………… (Cari deskripsi tentang bidang kimia dan cantumkan kutipan dari sumber rujukan).
 
 
Anak-anaku sekalian, selama 1 (satu) pekan ke depan pastikan latihan penulisan project artikel mini telah menyelesaikan bagian pendahuluan dan bagian metode penelitian. Lihat ketentuan revisi yakni gunakan file terakhir hasil reviu dan tidak boleh menghapus tanda reviu.
 
Tetap jaga kesehatan, aman, dan produktif dari rumah!
 
 
Bandung, 15 Maret 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pengampu Ilmu Hadis pada Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi
 
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN