Bacaan Khusus SMT Tengah, Mereka Penghubung SMT Awal dan Akhir






 
Semester 6 bisa dikatakan fase tengah dalam masa kuliah. Fase awal dimuai semester 1-4. Sedangkan fase akhir dimulai semester 8 sampai masa penulisan skripsi. Fase tengah ini membutuhkan perhatian dalam beberapa hal, termasuk latihan penelitian.
 
Di semester 4 telah disajikan mata kuliah metode penelitian. Mata kuliah ini menjadi basic bagi latihan peleksanaan penelitian. Juga telah terbiasa penulisan makalah sebagai tugas mata kuliah. Makalah sendiri berperan sebagai latihan penulisan akademik (academic writing) menyangkut penyampaian gagasan termasuk kerapian dalam penulisan.
 
Masalahnya, bagaimana membedakan antara makalah dan penulisan hasil penelitian agar keduanya saling menguatkan. Makalah dan penulisan hasil penelitian hampir tidak ada bedanya. Adapun bedanya terletak pada susunan penulisan. Makalah biasanya menuturkan latar belakang secara panjang lebar. Sedangkan penulisan hasil penelitian lebih ketat diawali oleh proposal penelitian.   
 
Proposal penelitian meliputi bagian-bagian, yakni: a) latar belakang dan masalah; b) Rumusan masalah; c) Pertanyaan penelitian; d) Tujuan penelitian; e) Manfaat penelitian; f) Tinjauan pustaka; g) Kerangka berpikir; h) Metodologi penelitian; dan i) Sistematika penulisan.  
 
Berbasis proposal penelitian, mahsiswa semester 4 diharpakan mampu melaksanakan penelitian mini (mini research). Proposal sendiri merupakan setengah perjalanan penelitian. Selanjutnya adalah penulisan hasil (results) dan pembahasaan (discussions). Diawali dengan proposal penelitian selanjutnya mahasiswa diarahkan mampu menulis hasil dan pembahasan. Penulisan hasil dan pembahasan penelitian dapat berbekal latihan-latihan penulisan makalah.
 
Di semester 6 akan disajikan lagi mata kuliah sejenis metode penelitian. Di semester 4 mata kuliah metode penelitian lebih diarahkan bagi penguatan susunan penulisan penelitian sejak proposal sampai hasil dan pembahasan. Mata kuliah metode penelitian di semester 6 lebih dimaksudkan bagi penguatan penggunaan metode penelitian. Dengan demikian, mahasiswa dilatih susunan penulisan penelitian di semester 4, dan mereka dilatih penggunaan metode penelitian di semester 6.
 
Nanti di semester 7 ada mata kuliah yang sejenis metode penelitian lagi. Hanya saja di semester 7 ini lebih dikuatkan pada penerapan analisis, interpretasi, pendekatan, dan/atau perspektif. Bermula dari latihan susunan penulisan di semester 4, latihan pengunaan metode di semester 6, dan terakhir latihan penerapan analisis, interpretasi, pendekatan, dan/atau perspektif. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki proposal yang baik di semester 8 bagi kepentingan ujian proposal skripsi.
 
Hal yang tidak boleh dilupakan di semester 6 adalah basic mata kuliah metode penelitian. Memang fokus utama mata kuliah metode penelitian di semester 6 adalah penggunaan metode penelitian. Namun, susunan penulisan penelitian yang menjadi materi kuliah semester 4 tidak boleh dilupakan. Berbasis susunan penulisan penelitian, mahasiswa semester 6 bertugas memahami penggunaan metode dalam penelitian. Secara operasional, metode dapat ditemukan dari berbagai mata kuliah teori bidang keilmuan.
 
Jika telah terlatih penggunaan metode dalam penelitian dengan memperhatikan basic penulisan penelitian, mahasiswa nanti di semester 7 dilatih penerapan analisis, interpretasi, pendekatan, dan/atau perspektif. Susunan penulisan saja tidak cukup dalam pelaksanaan penelitian perlu penguatan metode yang digunakan. Dan susunan penulisan serta penggunaan metode saja juga tidak cukup perlu dikuatkan dengan penerapan analisis, interpretasi, pendekatan, dan/atau perspektif yang akan dikuatkan di semester 7. Pada dasarnya metode dan analisis telah digunakan di semester 4 dalam penerapan yang sederhana. Sehingga nanti di semester 8 mahasiswa memiliki proposal penelitian dengan susunan penulisan yang baik, penggunaan metode yang tepat, dan penerapan analisis yang tepat pula.
 
Mata kuliah metode penelitian adalah materi praktik. Yakni praktik penelitian dengan ditopang oleh latihan-latihan penulisan makalah. Termasuk praktik penggunaan metode dan analisis. Serta praktik penulisan secara cermat, teliti, dan rapi.

Jika di semester 4 mahasiswa memilih topik penelitian yang dituangkan ke dalam latihan penelitian mini, maka mereka akan memiliki satu naskah hasil penelitian dengan penulisan yang tersusuan. Dari latihan itu meraka di semester 6 akan memberi fokus pada penguatan metode. Dan nanti di semester 7 mereka menguatkan analisis. Tidak menutup kemungkinan nanti skripsi mereka memilih topik itu pula dengan menguatkan metode dan analisis. Atau sebut saja ketika skripsi mereka memilih topik lain tetapi tetap menerapkan susunan penelitian yang telah dipelajari di semester 4, 6, dan 7. Tentu dengan susunan yang lebih apik, metode yang lebih tepat, dan analisis yang tajam. Meskipun bagi skripsi cukup analisis sekilas saja.
 
Tegaslah semester 6 merupakan fase tengah antara fase awal dan fase akhir. Di fase tengah ini perhatian bagi mahasiswa sangat dibutuhkan dalam mengingat kembali materi di semester 4 dan sekaligus proyeksi penguatan keterampilan di semester 7 hingga tuntas penulisan skripsi yang hebat.

Ternyata perjalanan ini kesinambungan sejak duduk di bangku kuliah sampai sarjana dengan penulisan tugas akhir yang dirancang prinsip dasarnya sejak pengenalan mata kuliah metode penelitian. Selamat dan sukses untuk semua!
 
 
 
Bandung, 19 April 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pengampu Mata Kuliah Metode Penelitian pada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

60 Ranking Perguruan Tinggi Di Indonesia