Growth Mindset dan Future Practice Solusi Ketidakpastian





Saat ini tidak bisa lagi menerapkan fixed mindset. Harus digunakan growth mindset. Sebab, realitas berubah sangat cepat.

Fixed mindset itu cara pandang lama yang dianggap kokoh. Sedang growth mindset merupakan horizon baru di dalam lingkungan yang berubah-ubah. Fixed mindset terpaku pada best practice. Adapun growth mindset berorientasi terhadap future practice.

Terpaku pada best practice hanya akan menjadi followers (pengikut). Sedangkan berorientasi pada future practice disiapkan untuk menjadi leaders (pemimpin) masa depan.

Hal di atas merupakan pokok pikiran Prof. Dr. Arif Satria, SP, MSi., Rektor Institut Pertanian Bogor. Juga Ketua Forum Rektor Indonesia.

Future practice berarti mencipta yang belum ada dengan cara-cara yang belum ditemukan. Ini dapat diwujudkan melalui power. Tiap diri memiliki potensi dasar. Potensi ini yang harus dikuatkan melalui growth mindset.

Talenta atau bakat bukan faktor dominan bagi future practice. Tapi potensi dasar yang dikembangkan dalam bentuk kreatifitas tanpa batas ysng paling menentukan. 

Jika potensi dasar dinyalakan secara kuat serta ditambah talenta, maka akan dihasilkan karya yang berorientasi masa depan. Ini berarti masa depan yang diciptakan hari ini.

Masalahnya, apakah kita akan menjadi bagian dari masa lalu. Ataukah akan bergegas ke masa depan. Tentu jangan sampai kita tergilas oleh perubahan dan ketidakpastian. Di era disrupsi ini, mindset mesti diubah dari fixed ke future melalui power growth mindset.

Tiap diri mesti menjadi pribadi yang tangguh, sungguh-sungguh, optimis, dan tak terkalahkan. Planet ini butuh sentuhan tangan-tangan kreator. Dan saat ini bukan era "Hollywood" lagi. Tapi era lintas batas, era bersama, dan era kolaborasi di tengah berbagai tantangan realitas yang makin tidak menentu.

Saatnya semua kita menjadi inovator untuk hal-hal baru yang belum ditemukan. Di sini semua perlu bersama tumbuhkan semangat baru. Ide baru dan pandangan baru serta cara-cara baru. Dengan begitu pasti tercipta inovasi-inovasi tak terduga.

Apapun menjadi mungkin dengan kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi. Inilah inti growth mindset dan future practice sebagai solusi untuk hadapi ketidakpastian.


Bandung, 07 Mei 2021
Wahyudin Darmalaksana, Akademisi UIN Bandung

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

60 Ranking Perguruan Tinggi Di Indonesia