Panduan Bebas Pustaka Tugas Akhir Artikel Ilmiah

 




Surat keterangan bebas pustaka sangat penting untuk persyaratan wisuda. Prosedur untuk mendapatkan surat bebas pustaka sudah lazim bagi tugas akhir skripsi. Bagaimana mekanisme hal tersebut bagi peserta sidang tugas akhir dalam bentuk artikel dan bila naskah artikel belum terbit di jurnal ilmiah.

  1. Mengisi formulir online bebas pustaka tingkat fakultas.
  2. Pustakawan fakultas melakukan verifikasi. Jika dinyatakan tidak memiliki sangkutan dengan perpustakaan, pemustaka fakultas mengirim surat bebas pustaka melalui email.
  3. Melakukan Self Deposit pada kolom Thesis di Digital Library Universitas dengan pengisian judul tugas akhir, nama lengkap, afiliasi, dan abstrak.
  4. Operator pustakawan pusat perpustakaan universitas melakukan verifikasi dan approve deposit thesis.
  5. Mengisi formulir online bebas pustaka tingkat universitas dengan mencantumkan a) URL Deposit (poin 3), b) surat bebas pustaka tingkat fakultas, dan c) LoA (Letter of Acceptance) dari jurnal ilmiah.
  6. Pustakawan tingkat universitas melakukan verifikasi. Jika dinyatakan tidak memiliki sangkutan dengan perpustakaan universitas, pemustaka menerbitkan surat bebas pustaka tingkat universitas.

Catatan:
Sertakan URL terbitan artikel pada formulir tingkat fakultas dan pada saat melakukan Self Deposit (poin 3) bila artikel telah terbit di jurnal ilmiah.

Bandung, 29 Juli 2021
Fakultas Ushuluddin

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN