-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kiat Sukses Penerbitan Artikel Mahasiswa

Monday, August 23, 2021 | 9:15:00 AM WIB Last Updated 2021-08-23T02:15:15Z
 


 
 
Saat ini merupakan era penerbitan artikel mahasiswa jenjang sarjana. Tentu ada kiat untuk sukses di bidang ini. Kiat ini pasti berkembang di masa depan seiring dengan ditemukannya strategi yang lebih relevan. Berikut ini kiat yang tepat di masa sekarang:
 
Pertama, unduh template artikel dari jurnal.
Kedua, pelajari bersama template tersebut. Kita tidak cukup share saja template artikel tetapi bagian-bagian template mesti dipelajari bersama.
Ketiga, sepakati bersama bagian yang akan dikerjakan pertama dari template itu. Ada baiknya mula pertama masing-masing mahasiswa menentukan topik pembahasan.
Keempat, penulisan mengacu template sesuai tahapan yang telah disepakti bersama. Kami biasanya mulai dari rumusan masalah dan tujuan penelitian. Biarkan saja dulu latar belakang penelitian meskipun dalam narasi lisan. Pastinya menyusun tahapan penulisan pada bagian-bagian template merupakan bagian dari strategi penulisan.
Kelima, jadikan kemajuan tahapan sebagai model bagi yang lain. Terkadang ada mahasiswa kirim pesan “mohon maaf saya tertinggal beberapa tahap, saya akan mengejarnya.”
Keenam, pastikan semua mahasiswa telah menuntaskan seluruh tahapan.
Ketujuh, beri mereka apresiasi!
 
Sampaikan di sela-sela tahapan penulisan tentang arti penting penerbitan artikel mahasiswa di jurnal ilmiah. Semua mahasiswa pasti bisa terlebih dengan terus mendapat motivasi, pendampingan, dan memastikan mereka sukses!
 
Terimakasih, selamat mencoba yakin berhasil !
 
Bandung, 23 Agustus 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update