Selamat Muhamad Iksan dan Nurip Almunawir Tuntas Mata Kuliah Takhrij Hadis dalam Waktu Dua Pekan

 




Dua orang mahasiswa menyelesaikan salah satu mata kuliah hanya dalam waktu dua pekan. Padahal, perkuliahan lazim ditempuh maksimum selama 16 pertemuan dalam satu semester.
 
Hal ini berlaku pada mata kuliah Takhrij Hadis yang disajikan di Semester V Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir pada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mata kuliah ini menerapkan model OBE (Outcome Based Education) berupa publikasi artikel di jurnal ilmiah sebagai target keluaran (outcome) pembelajaran. Awal pembelajaran semester ganjil dimulai September 2021.
 
Pertama, Muhamad Ikhsan, Mahasiswa Kelas B, selesai menulis project artikel selama 10 hari. Judul artikel "Habbatussauda dalam Peningkatan Imun di Masa Covid-19." Ia mengusulkan topik tanggal 07 September 2021. Project artikel selesai tanggal 17 September 2021.
 
Kedua, Nurip Almunawir, Mahasiswa Kelas C, selesai menulis project artikel selama 14 hari. Judul artikel "Larangan Begadang sebagai Pemeliharaan Imunitas Perspektif Islam." Ia mengusulkan topik tanggal 08 September 2021. Project artikel selesai tanggal 22 September 2021.
 
Bahkan, dua artikel ini telah terbit di Jurnal Riset Agama Vol. 1 No. 1 Tahun 2021. "Keluaran publikasi ilmiah telah diatur di Silabi. Luar biasa dua mahasiswa ini selesai praktik takhrij, penulisan artikel, dan publikasi artikel. Insya Allah, ini segera diikuti oleh yang lain," tutur Wahyudin Darmalaksana, pengampu mata kuliah Takhrij Hadis, Selasa, 28/09/2021.


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN