Kelas Terbuka Pendidikan Tinggi Masa Depan

 
 


 
 
Kuliah online tetap harus diperkuat. Dibuat menjadi lebih terbuka. Disebut “kelas terbuka.” Dapat diakses oleh publik lintas benua.
 
Ada beberapa peluang dosen di kelas terbuka. Antara lain diminati publik global. Peserta kelas terbuka dapat meliputi mahasiswa pengusul kredit semester dan peminat dari klalayak luas. Kompensasi bagi khalayak peminat berupa sertifikat seri kuliah.
 
Mahasiswa pengusul kredit semester tidak berbatas dari program studi. Mahasiswa lintas program studi dapat mengikuti kelas terbuka. Bahkan mahasiswa lintas fakultas internal universitas dan mahasiswa lintas universitas. Hasil kuliah dikonversi ke dalam nilai kredit semester.
 
Diawali melalui register atau kontrak studi. Peminat seri kuliah melakukan pendaftaran. Bagi khalayak publik dikenakan biaya. Adapun besar biaya bergantung ketentuan pengelola.
 
Dari situ, akan terlihat materi kuliah yang diminati. Minat ditentukan oleh pasar. Termasuk evaluasi kurikulum bagi mata kuliah yang kurang diminati. Bisa jadi bukan faktor mata kuliah. Tapi pengampu mata kuliah.
 
Kuliah online penting diperkuat. Segala hal menjadi terukur melalui kuliah online. Seperti minat, pengikut, terobosan, dan dampak. Kuliah online dapat menerapkan berbagai platform sejalan dengan temuan-temuan baru.
 
 
Bandung, 27 Oktober 2021
Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH