Writing Sprints untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Capaian: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas

Seri Laporan Hasil Penelitian 



Penelitian tindakan kelas dilakukan. Model ini mulai berkembang di Amerika sekitar tahun 1946 dan kemudian ke berbagai negara Eropa. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk mengukur capaian rencana pembelajaran serta meningkatkan kualitas pembelajaran.
 
Penelitian tidakan kelas ini dilakukan pada mata kuliah Takhrij Hadis di Semester V Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kelas B sebanyak 47 Orang dimulai tanggal 03 September 2021 dan Kelas C sebanyak 44 Orang dimulai tanggal 04 September 2021. Jumlah Kelas A dan B sebanyak 91 Orang. Penelitian berlangsung sejak 03 September 2021 sampai 01 Oktober 2021.
 
Mata kuliah di atas menerapkan pendekatan Writing Sprints. Sebuah pendekatan yang lazim digunakan di luar negeri dalam progress penulisan artikel ilmiah. Beberapa hal disiapkan dalam pendekatan ini, seperti modul latihan, pelatih, dan review terhadap naskah hasil latihan.
 
Modul latihan meliputi tahapan mulai tahap 1 (start) sampai tahap 11 (finish). Mahasiswa berbalap mengerjakan latihan penulisan tahap demi tahap. Mereka menyetorkan tahapan hasil latihan melalui email. Pelatih melakukan review dan mengirim kembali hasil review sebagai feedback.
 
Sampai penelitian ini selesai tanggal 01 Oktober 2021, sebanyak 2 (dua) orang mahasiswa telah berhasil publikasi artikel di jurnal ilmiah, yakni Muhamad Ikhsan Kelas B dan Nurip Almunawir Kelas C. Setelah penelitian ini selesai berturut-turut sebanyak 3 (tiga) orang tuntas menulis dan berhasil publikasi ilmiah hingga 07 Oktober 2021, yaitu Novi Nur Sholihat Kelas C, Asti Sovie Fuziawatie Kelas B, dan Elsa Martina Rosa Kelas C. Jumlah mahasiswa telah berhasil publikasi ilmiah 5 (lima) orang.
 
Penelitian tindakan kelas ini melaporkan keunggulan Writings Sprints dalam pembelajaran berbasis hasil capaian. Juga keterbatasan dan rekomendasi penelitian dilaporkan. Penelitian tindakan kelas ini ditulis dalam artikel berjudul “Writing Sprints untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Capaian: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas." Artikel terbit di Journal of Society and Development (JoSD) Vol. 2 No. 1 Tahun 2021.

Authors:


Cermi City Mulyanti, Mahasiswa Semester V Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wahyudin Darmalaksana, Dosen Pengampu Mata Kuliah Takhrij Hadis Kelas B dan C Semester V pada Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2021-2022. 


 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN