-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi melalui Design Thinking dan HOTs untuk Bikin Hidup Makin Menyala

Sunday, November 21, 2021 | 9:02:00 AM WIB Last Updated 2021-11-21T02:54:27Z
 



Kolaborasi adalah hubungan setara sesama mitra kerja. Diakui masing-masing punya keunggulan. Keunggulan ini dikolaborasikan hingga tercipta produktivitas. Syarat kolaborasi adalah kreatifitas. Kolaborasi pasti mengasilkan inovasi.

Metode design thinking bisa digunakan dalam kolaborasi. Pertama, empati menempati prasyarat utama untuk mengenali problem yang tengah dihadapi orang lain. 

Kedua, memahami problem tersebut secara terinci. Ketiga, menghimpun ide untuk mengatasi problem. Keempat, mencipta prototipe sebagai solusi. Kelima, terus dilakukan evalusi (test) hingga tercipta wujud (type) terbaik.

Kolaborasi bisa digunakan pula strategi HOTs (Higher Order Thinking Skill). HOTs merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Meliputi berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan pembuatan keputusan.

Baik design thinking maupun HOTs, keduanya merupakan keterampilan untuk menemukan solusi terbaik. Keduanya relevan digunakan di dalam kolaborasi.

Pemecahan masalah sendirian biasanya tidak efektif. Terkadang ketika sendirian kita tidak mampu merinci problem yang dihadapi. Pemecahan masalah dipastikan efektif melalui kolabarorasi.

Hidup ini tidak sendirian tanpa sesiapa pun. Ada teman-teman yang baik di sekeliling kita. Setiap kita unik, potensial, dan spesial yang pasti memiliki keunggulan. Karena itu, mulai bangun kolaborasi. Secara lintas rumpun tanpa berbatas geografis.

Kolaborasi pasti mendatangkan keuntungan. Bukan keuntungan personal. Melainkan keuntungan (benefit) bersama sesama mitra kolaborasi. 

Selalu kritis, terampil, kreatif, dan inovatif. Dengan begitu hidup ini menjadi berwarna. Dan melalui kolaborasi pasti makin menyala. Let's turning our impact !

Bandung, 21 November 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis
×
Berita Terbaru Update