Publikasi Ilmiah untuk Kemandirian, Otonomi, dan Otoritas Keahlian Mahasiswa

 



 
Salah satu peran pendidikan tinggi adalah mengembangkan program kemandirian, otonomi pembelajaran, dan otoritas keahlian di lingkungan mahasiswa.
 
Program tersebut dikembangkan melalui publikasi artikel di jurnal ilmiah oleh Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mula-mula dilakukan pelatihan penulisan artikel ilmiah secara gencar. Termasuk latihan penggunaan aplikasi sitasi dan pengiriman artikel ke jurnal ilmiah. Disiapkan pula jurnal ilmiah khusus mahasiswa, yakni Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin (JPIU) dan Jurnal Riset Agama (JRA).

Mahsiswa sudah mulai mandiri sekarang ini. Mahasiswa mampu menulis sendiri mengacu pada modul penulisan artikel sesuai template jurnal ilmiah. Juga mahasiswa mampu mengirim artikel ke jurnal ilmiah. "Ini merupakan kemandirian, otonomi dalam pembelajaran, dan penguatan otoritas keahlian mahasiswa," ungkap Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis, 25/11/2021.

"Berbekal kemandirian, otonomi, dan otoritas keahlian, maka mahasiswa akan memiliki kesiapan untuk menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan riset, inovasi, dan publikasi ilmiah," pungkas Wahyudin di Kampus I Jalan AH. Nasution 105 Bandung [Widodo].
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH