Tinjauan Pustaka

 





Tinjauan Pustaka
Sebagai landasan teoritis penelitian ini maka dibutuhkan suatu tinjauan pustaka. Studi agama adalah suatu kajian sistematis dan metodologis terhadap agama-agama yang ada sebagai kajian yang terbuka dan netral (Zarkasi, 2016). Studi ini meliputi teks agama, asal-usul, penyebaran ajaran, dan bentuk kelembagaan agama 
(Zarkasi, 2016). Di pendidikan tinggi keagamaan, agama merupakan subjek penelitian agama yang perlu ditopang dengan berbagai metodologi keilmuan (Rohmatika, 2019)Secara epistemologis, metodologi penelitian sendiri barkaitan dengan pembahasan mengenai bagaimana cara memperoleh pengetahuan (Jaedun, 2011)Menurut Cannolly (2002), terdapat berbagai metodologi dan pendekatan terhadap agama, yakni pendekatan antropologis, fenomenologis, feminis, filosofis, sosiologis, psikologis, dan teologis (Cannolly, 2002). Berdasarkan hasil kajian dari sejumlah ahli, moderasi beragama dipahami sebagai nilai, prinsip, dan sikap jalan tengah dalam memahami dan mengekspresikan kehidupan beragama (Fahri & Zainuri, 2019; Sutrisno, 2019; Wibowo & Nurjanah, 2021). Indonesia adalah negara majemuk yang mulitikultural dimana moderasi beragama menjadi arus utama yang niscaya mesti digulirakan oleh pemerintah, para ulama, dan organisasi keagamaan (Rahayu & Lesmana, 2020; Rohman, 2021; Suprapto, 2020). Secara metodologis, aktualisasi moderasi beragama di Indonesia relevan dilaksanakan melalui agenda partisipasi masyarakat (Heriyanti, 2020; Yulianti, 2021)

Comments

  1. Assalamualikum pak. izin bertanya saya mahasiswa ilmu hadis udah ada judul "Takdir Manusia sebagai Pelaku Zina (Studi Ma'anil Hadis)" nah point yg saya ambil dari hadis ini adalah 'anak adam ditakdirkan nasib zina nya dan tidak akan lepas dari itu'. Jadi problem nya mengapa disebut takdir dan bagaimana menghindari takdir itu. Mohon saran nya pak apakah bisa saya pakai dua bahasan untuk tinjauan pustaka yaitu zina dan takdir? dan jika memakai metode kualitatif apakah butuh teori pendukung? Semoga dijawab. Terima kasih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup ya
      Secara teknis dan operasional tinjauan pustaka itu adalah kata-kata kunci yang digunakan di dalam penelitian. Boleh juga ditambah kata kunci lain misalnya ma'anil hadis.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH