Mahasiswa UIN Bandung Tempuh Lulus Kuliah Tepat Waktu 3.5 Tahun

 


Ada inspirasi, semangat, kegigihan, keteladanan, dan promosi di dalam gelaran Munaqasyah 2022. Munaqasyah adalah sidang skripsi atau tugas akhir yang ditempuh S1 sebagai syarat wajib untuk memperoleh gelar sarjana.
 
Mengingat situasi pandemi Covid-19 serta untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes), Munaqasyah berlangsung online, Kamis, 24 Februari 2022. Dibuka oleh Majlis Munaqasyah pukul 09.00 WiB. Peserta Munaqasyah sebanyak 67 orang. Meliputi skripsi 49 orang dan tugas akhir 18 orang.
 
Dekan mengemukakan bahwa Munaqasyah merupakan momentum untuk menunjukan bidang keahlian. “Peserta agar berusaha tunjukkan kemampuan bidang keahlian melalui skripsi atau tugas akhir pada momentum Munaqasyah,” tutur Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Radea Juli A. Hambali, M.Hum. menambahkan “Munaqasyah merupakan peristiwa untuk mempertahankan isi skripsi atau tugas akhir. Setiap penguji pasti memiliki perspektif untuk memberikan penilaian terhadap isi skripsi dan tugas akhir.”
 
“Penguji tidak akan menjatuhkan tetapi akan melihat skripsi dan tugas akhir dari sisi penalaran ilmiah sesuai kapasitas bidang keilmuan peserta sidang,” lanjut Dr. Radea Juli A. Hambali, M.Hum.
 
Dra. Hj. Dina Mulyati, M.Pd. menyampaikan agar peserta segera melakukan revisi bila terdapat perbaikan skripsi atau tugas akhir dari penguji sebagai syarat mengikuti wisuda. “Revisi paling lambat satu minggu setelah pelaksanaan Munaqasyah,” tutur Koordinator Akademik Fakultas Ushuluddin.
 
Atim, M.Ag., Koordinator Sub Akademik, mengucapkan terimakasih kepada para dosen penguji, peserta Munaqasyah, dan segenap pihak yang telah berjibaku untuk kelancaran Munaqasyah. “Terimakasih untuk semua pihak semoga pelaksanaan Munaqasyah berjalan lancar,” tutur Atim, M.Ag.
 
Munaqasyah meliputi sidang Skripsi dan sidang Tugas Akhir. Tugas akhir mencakup artikel ilmiah, buku ISBN, dan making product.
 
Tugas akhir diakui sebagai pengganti skripsi. Disebut TA-DBL (Tugas Akhir dalam Bentuk Lain) menurut surat edaran Kementerian Agama RI. tahun 2020. Di tahun yang sama, ketentuan tersebut ditindaklanjuti oleh surat edaran Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Lalu segera dimplementasikan di Fakultas Ushuluddin melalui surat keputusan Dekan.


Sejak Oktober 2020 sampai Februari 2022 tercatat 97 orang melaksanakan sidang tugas akhir artikel ilmiah. Periode Februari 2022 adalah Munaqasyah sidang artikel ilmiah ke-9 diikuti 18 orang.
 
Tempuh Lulus Tepat Waktu
Robiah Awaliyah menjadi salah seorang peserta Munaqasyah. Peserta sidang artikel ilmiah ini mengejar taget lulus tepat waktu. Ia merupakan angkatan 2018/2019 yang mulai kuliah semester satu pada September 2018. Terhitung hingga Munaqasyah di Februari 2022 ini berarti 3.5 tahun.


Peserta Munaqasyah dari Jurusan Ilmu Hadis ini telah selesai seluruh SKS di semester tujuh tahun 2021. Namun, tersisa SKS Munaqasyah di semester delapan tahun 2022. Di awal 2022, Robiah melakukan registrasi KRS Munaqasyah. Sekaligus ia registrasi Munaqasyah untuk pelaksanaan 24 Februari 2022.
 
Di akhir semester enam tahun 2021, anak ini telah mengantongi surat resmi pengesahan topik penelitian. Proposal disusun di awal semester enam serta seminar proposal dilaksankan di akhir semester enam tahun 2021. Mahasiswa di Jurusan Ilmu Hadis diperbolehkan mengajukan seminar proposal bila telah lulus matakuliah metodologi penelitian.  
 
Lalu, Robiah mengerjakan tugas akhir dalam bentuk artikel ilmiah di sepanjang semester tujuh tahun 2021. Penulisan tugas akhir sebenarnya telah ia tuntaskan di akhir semester tujuh tahun 2021. Hanya saja KRS Munaqasyah baru diambil di semester delapan tahun 2022.
 
Sejak semester empat tahun 2020, Robiah sudah belajar menulis artikel ilmiah. Di tahun 2020 ini artikel pertamanya terbit di jurnal terakreditasi nasional Sinta 5. Ia latihan menulis melalui kemitraan bersama dosen. Sejak 2020, ia produktif menulis artikel ilmiah. Tahun 2021, artikelnya yang kedua terbit di jurnal terakreditasi nasional Sinta 3. Ditelusuri di Google Scholar, Robiah telah memiliki empat publikasi artikel di jurnal ilmiah. Hingga telah dikutip 11 sitasi sampai 2022.
 
Sebelumnya, ia memperoleh Sertifikat Hak Cipta dalam lingkup Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari DJKI Kemenkumham RI. pada tahun 2020. Mahasiswa berprestasi ini juga tergabung sebagai penulis di terbitan Book Chapter ISBN tahun 2021.
 
Pasti masih banyak prestasi lain. Ini jelas teladan. Karena menyumbang pencapaian kinerja jurusan dan fakultas. Selebihnya, berusaha lulus tepat waktu dalam rentang 3.5 tahun. Keteladanan ini hendaknya memacu semangat, khususnya untuk adik-adik mahasiswa yang lain. Congrats lanjutkan ke jenjang S2 untuk lebih meningkatkan daya saing di dunia kerja.
 
Kisah di atas menjadi inspirasi sekaligus promosi. “Semoga seluruh peserta Munaqasyah berhasil dan sukses. Juga diharapkan agar adik-adik mahasiswa lulus tepat waktu,” tutur Dekan.
 
Lulus tepat waktu serta padat prestasi juga menjadi promosi. “Lulusan sarjana S1 kami kiranya menjadi pertimbangan mitra strategis bagi penerimaan mereka di dunia kerja,” pungkasnya, Kamis, 24/02/2022 [Widodo].

Comments

  1. Harrah's Reno - Casino & Hotel | Temecula, CA - JT Hub
    Information and Reviews 구리 출장마사지 about Harrah's Reno Hotel in 전주 출장샵 Temecula, 동해 출장샵 including ratings, 광주 출장안마 timings, address, telephone 춘천 출장안마 number, address, driving directions,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH