Kelas Menulis Berbagi Pengalaman Bagaimana Mahasiswa Sejak Semester Pertama Berhasil Publikasi Artikel di Jurnal Ilmiah

 




Kami percaya mahasiswa bisa menulis artikel ilmiah. Jika ada anggapan bahwa penulisan artikel ilmiah merupakan pekerjaan yang sulit, maka hal itu merupakan anggapan yang salah atau tidak tepat.
 
Penulisan artikel ilmiah dianggap sulit karena beberapa hal. Pertama, belum terbiasa latihan menulis artikel ilmiah, karena sejauh ini lebih dikenal istilah makalah. Kedua, penulisan artikel ilmiah butuh latihan penalaran ilmiah melalui praktik penelitian mini. Ketiga, belum terbisa latihan membuat laporan hasil penelitian mini dalam gaya penulisan artikel ilmiah.    
 
Solusi berbagai permasalahan di atas sangat mudah!
 
Solusinya, sejak semester pertama mahasiswa mesti latihan penelitian mini. Sebab, sejak di sekolah menengah atas pun siswa sudah latihan penelitian mini. Misalnya, latihan penelitian di laboratorium, kerja atau praktik lapangan, berkunjung ke museum atau tempat bersejarah, studi comparative, dan lain-lain. Sejak di sekolah menengah atas, siswa sudah belajar pengamatan, observasi, eksperimen, studi lapangan, dan sebagainya.
 
Mahasiswa semester pertama pasti bisa melaksanakan penelitian mini!
 
Masalahnya adalah masih langka tersedia panduan penulisan hasil penelitian mini. Laporan tertulis hasil penelitian mini inilah yang disebut artikel ilmiah.
 
Panduan penulisan hasil penelitian mini, yakni artikel ilmiah, di dalamnya akan ada struktur dan bagian-bagian. Setelah dicoba latihan mengikuti struktur penulisan secara bertahap yang mencakup bagian-bagian utama dalam laporan hasil penelitian mini, ternyata mahasiswa sejak semester pertama bisa koq menulis artikel ilmiah. Bahkan, artikel mereka layak terbit di jurnal ilmiah.
 
Panduan penulisan artikel ilmiah adalah alat interogasi tentang benar dan salah dalam penulisan artikel ilmiah. Telah teruji ternyata mahasiswa bisa mengikuti panduan dengan cara latihan penulisan secara bertahap, meskipun tanpa pendampingan.
 
Pendampingan memang diperlukan untuk memberi motivasi, memastikan kerapian dalam arti terhindar dari kesalahan-kesalahan teknis penulisan, memastikan latihan mengikuti struktur secara bertahap, dan memastikan tulisan telah sesuai panduan. Bahkan, pendampingan efektif mensyaratkan treatment sehingga peserta berusaha tidak melakukan kesalahan teknis yang berulang-ulang, peningkatan skill penulisan di tiap tahapan, dan terakhir memastikan artikel mereka terbit di jurnal ilmiah.
 
Baca juga: Lebih dari 500 Artikel Mahasiswa Terbit di Jurnal Ilmiah
 
Sejak 2020, panduan penulisan artikel ilmiah diujicoba. Dari hasil ujicoba tersebut telah dihasilkan 529 artikel mahasiswa terbit di jurnal ilmiah sampai Maret 2022. Panduan penulisan dicoba juga pada Kelas Menulis Nasional hingga dihasilkan 29 artikel mahasiswa lintas pendidikan tinggi terbit di jurnal ilmiah. Selebihnya, ada 50 artikel mahasiswa sedang dalam tahap layout untuk segera terbit. Semua itu belum termasuk naskah dari mahasiswa yang sedang latihan mengikuti tahapan.
 
Baca juga: Anugerah Publikasi Ilmiah Mahasiswa Lintas Pendidikan Tinggi
 
Panduan penulisan hendaknya disusun sesuai dengan ketentuan laporan hasil penelitian mini dan sesuai pula dengan ketentuan penulisan artikel untuk penerbitan di jurnal ilmiah. Kami di Kelas Menulis telah menyusun panduan lengkap. Panduan ini lebih menyerupai modul latihan yang cukup praktis. Di dalamnya mencakup tahapan secara terstruktur tentang penulisan artikel ilmiah dalam istilah lain makalah.
 
Baca juga: Modul Latihan Menulis Makalah
 
Silakan gunakan modul Kelas Menulis. Modul ini sengaja disiapkan untuk tujuan berbagi pengetahuan sistematis dan praktis dalam penulisan malakah, tepatnya penulisan laporan hasil penelitian mini. Bukan substansi isi atau materinya di dalam modul ini, melainkan struktur dan tahapannya. Yakin semua mahasiswa bisa menulis artikel ilmiah secara terstruktur, bahkan bisa tuntas tidak lebih dari satu minggu, dan kami beserta teman-teman telah menunjukkan hal itu!
 
 
Bandung, 12 Maret 2022
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH