Modul Latihan Menulis Makalah Tahap II

 



Modul latihan penulisan makalah Tahap II di bawah ini:

LATIHAN TAHAP II

Hasil penelitian terdahulu:

Salsabila, H., Firdaus, M. Y., & Masrur, A. (2021), “Entrepreneurship from The Perspective of Tafsir al-Misbah,” Gunung Djati Conference Series. Penelitian ini bertujuan membahas entrepreneurship perspektif Tafsir al-Misbah. Metode penelitian ini bersifat kualitatif melalui studi pustaka dengan pendekatan tafsir.  Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi pengertian entrepreneurship, analisis Tafsir al-Misbah, dan entrepreneurship perspektif Tafsir al-Misbah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Al-Qur’an memberikan pesan untuk senantiasa bekerja keras, berinovasi, dan memanfaatkan fasilitas untuk produktifitas. Penelitian ini merekomendasikan agar dilakukan kembali telaah mendalam terhadap aspek lainnya mengenai entrepreneurship hingga melahirkan hal yang baru yang lebih solutif (Salsabila et al., 2021).
 
Perbedaan penelitian sekarang dengan hasil penelitian terdahulu:
 
Penelitian sekarang dan hasil penelitian terdahulu memiliki kesamaan yaitu membahas entrepreneurship. Akan tetapi, terdapat perbedaan antara penelitian sekarang dan penelitian terdahulu. Penelitian terdahulu membahas entrepreneurship perspektif Al-Qur’an, sedangkan penelitian sekarang membahas entrepreneurship menurut hadis.


Keterangan:
  1. Permasalahan utama pada Tahap I harus CLEAR. Harus selaras (dengan cara copy paste) antara kalimat permasalahan utama, kalimat rumusan masalah, dan kalimat tujuan penelitian.
  2. Penulisan hasil penelitian terdahulu seperti susunan pada poin (2). Nama penulis/peneliti, tahun terbit, judul penelitian, dan penerbit. Untuk menelusuri hasil penelitian terdahulu silakan klik Google Scholar (dengan memasukan kata kunci topik penelitian).
  3. Pada Tahap II sudah menerapkan aplikasi pengutipan. Pencantuman sitasi/kutipan gunakan perangkat otomatis manajemen pengutipan. Pengutipan ada dua cara, yaitu 1) Manual (perangkat bawaan pada Microsoft Word) dan 2) Otomatis melalui perangkat eksternal. Perangkat manual tidak direkomendasikan karena memasukan kutipan ke dalam makalah membutuhkan waktu lama. Untuk satu kutipan membutuhkan waktu 15 menit dengan perangkat manual, berbanding hanya 1 menit bila menggunakan aplikasi otomatis seperti Mendeley. Pemasangan aplikasi otomatis di komputer silakan klik Tutorial Mendeley.
  4. Pastikan ada perbedaan penelitian sekarang dengan hasil penelitian terdahulu.
  5. Penggunaan perangkat manajemen pengutipan akan menghasilkan daftar pustaka secara otomatis.


Silakan Klik File Doc Latihan Tahap II
 


Bandung, 08 Maret 2022
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH