Fasilitator Peer Group Latihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa

 

  
 
Ada hal yang bisa mempersatukan anggota komunitas. Hal apa itu, tidak lain yakni tujuan bersama. Sepertinya, penguatan publikasi artikel ilmiah mahasiswa relevan menjadi tujuan bersama seluruh Fakultas Ushuluddin di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia.
 
Belum lama ini, pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa berlangsung di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, 
21-23 Maret 2022. Peristiwa hebat ini merupakan inisiatif Prof. Dr. Ris'an Rusli, MA., Dekan FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan. 

Hadir di acara itu Hidayatul Fikra dan Susanti Vera untuk berbagi pengalaman terkait latihan kepenulisan artikel di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Saat ini, Hidayatul Fikra, Pengelola Jurnal Mahasiswa (Jurnal Riset Agama), Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Fasilitator Peer Group Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa bertolak ke Bukittinggi. Di sana digelar pelatihan penulisan artikel mahasiswa oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi, Sumatera Barat, sejak 25-27 April 2022. 
Peristiwa hebat ini merupakan inisiatif Dr. Nunu Burhanuddin, M.Ag., Dekan FUAD IAIN Bukittinggi, Sumatera Barat.



Kehadiran Hidayatul Fikra di Bukittinggi sama dengan perannya di Palembang, yakni untuk menjalin persaudaraan. Khususnya, persaudaran untuk mematri tujuan bersama, yaitu penguatan publikasi artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Ketua Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi (KPP) pada Forum Dekan (Fordek) Fakultas Ushuluddin PTKI sangat berterimakasih kepada Ketua Umum dan jajaran Fordek Fakultas Ushuluddin PTKI yang selalu memberikan dukungan dalam pelatihan kepenulisan artikel ilmiah untuk lingkungan mahasiswa.
 
“Publikasi artikel di jurnal ilmiah sudah tepat dijadikan tujuan bersama oleh  mahasiswa. Tepat juga mahsiswa melaksanakan pelatihan melaui peer-group (kelompok sebaya)Di situ mahasiswa bisa saling berbagi dan berkolaborasi dengan rekan sebaya dalam peningkatan skill penulisan artikel ilmiah,” tutur Wahyudin.
 
“Selamat untuk seluruh mahasiswa peserta pelatihan penulisan artikel ilmiah. Terimakasih kepada Bapak/Ibu Dekan telah mendukung dan memfasilitasi agenda Bidang KPP Fordek Fakultas Ushuluddin PTKI. Pasti Ushuluddin bersatu melalui tujuan bersama, yakni salah satunya penguatan publikasi artikel ilmiah mahsiswa,” pungkasnya di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 25/04/2022 [FU].   
 
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH