Ruang Berbagi Latihan Penulisan Makalah Mahasiswa untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah



 
Mahasiswa sedang giat publikasi makalah (artikel) di jurnal ilmiah. Sejak awal pandemi tahun 2020 sampai sekarang ini, lebih dari 600 artikel mahasiswa berhasil publikasi di jurnal ilmiah. 
  1. Klik, 29 artikel mahasiswa PTKIN 
  2. Klik, 2020-2021 terbit 476 artikel
  3. Klik, 2022 terbit 130 artikel
Hasil ini merupakan capaian mahasiswa dalam penguatan skill penulisan artikel ilmiah. Artikel-artikel mahasiswa tersebut diharapkan menjadi model bersama dalam mengupayakan target publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah. 

Seluruh artikel mahasiswa yang telah terbit di atas merupakan artikel terstandar sesuai ketentuan penulisan artikel jurnal ilmiah. Artikel-artikel tersebut seluruhnya sama dari sisi struktur penulisan. Artikel mahasiswa yang telah terbit dapat menjadi model latihan penulisan artikel ilmiah. Karena itu, unduh satu artikel untuk model latihan, kecuali itu bila butuh pembanding maka unduh beberapa artikel.
 
Selain itu, mahasiswa bisa menerapkan modul latihan. Modul ini dirancang dalam bentuk tahapan, sejak awal sampai akhir penulisan. Topik apapun terkait contoh artikel di dalam modul tersebut struktur penulisannya sama. Karena itu, ambil strukturnya bukan topiknya terkait contoh artikel di dalam modul-modul latihan ini:
  1. Klik, modul A
  2. Klik, modul B
  3. Klik, modul C
  4. Klik, modul D
 
Secara struktur, tidak ada perbedaan dari seluruh modul latihan penulisan artikel di atas. Justru ditampilkan seluruhnya untuk memastikan keempat modul tersebut memiliki struktur penulisan yang sama.
 
Selainnya lagi, mahsiswa bisa latihan dengan mengacu template artikel sesuai ketentuan gaya selingkung jurnal ilmiah. Klik template artikel jurnal ilmiah. Template ini digunakan untuk jurnal JPIU, JRA, SLW, dan GDCS. Semuanya merupakan jurnal ilmiah mahasiswa. Template tersebut selaras juga dengan template jurnal-jurnal ilmiah lainnya. 
 
Semua kalimat berwarna bisa diakses dengan cara klik. Semoga bermanfaat, mohon maaf untuk segala keterbatasan. Selamat dan sukses untuk semua mahasiswa!

 
 
Bandung, 07 April 2022
Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH