Indikator Good University Governance Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 



 
Indikator dan sasaran strategis Good University Governance (GUG) yang dibebankan kepada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung di bawah ini:
 
Terwujudnya Sistem Kepemimpinan yang Islami
  1. Pimpinan Fakultas yang berintegritas (Shiddiq)
  2. Pimpinan Fakultas yang visioner/ visioner leadership (Tabligh)
  3. Pimpinan Fakultas mempunyai pengetahuan wawasan yang luas dan pengetahuan teknis tentang manajerial (Fathonah)
  4. Pimpinan Fakultas mempunyai inovative leadership (Fathonah)
  5. Pimpinan Fakultas mempunyai spiritual leadership (Fathonah)
  6. Pimpinan Fakultas menjadi role model (Fatonah)
  7. Pimpinan Fakultas mempunyai kemampuan inspiratif, menggerakan berbagai sumber daya/ transformational leadership (Tabligh)
  8. Pimpinan Fakultas mempunyai intellectual leadership (Tabligh)
  9. Pimpinan Fakultas mempunyai networking leadership (Amanah)
 
Terciptanya Kurikulum dan RPS yang Berbasis Keunggulan dan Profesi Yang Memadai
  1. Fakultas telah mengimplemetasikan kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk mendukung merdeka belajar kampus merdeka dan dikembangkan berdasarkan KKNI
  2. Program studi telah memiliki dan menerapkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan SN Dikti
  3. Fakultas telah mengembangkan strategi pembelajaran dan student assesment masing-masing prodi
  4. Jumlah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah yang diupdate oleh Dosen per semester
  5. Fakultas telahmelakukan monev dan tindak lanjut dari penerapan kurikulum, RPS, metodepengajaran, dan student assesment dalam capaian pembelajaran
  6. Jumlah mata kuliah yang diselenggarakan dengan sistem e-learning (blended system) terhadap seluruh mata kuliah (PMKE)
  7. Jumlah realisasi kerjasama antar prodi dengan perguruan tinggi lain dalam bidang tridarma perguruan tinggi
 
Tersusunnya Profil Program Studi yang Berkualitas Sesuai dengan Renstra Fakultas
  1. Fakultas mengalokasikan anggaran rencana kerja tahunan setiap program studi per tahun
  2. Kelulusan tepat waktu sesuai BAN PT di setiap program studi dengan rata-rata IPK minimal 3,25
  3. Persentase mahasiswa DO (Drop Out) di setiap program studi
  4. Fakultas memilikidatabase kondisi status mahasiswa setiap prodi
 
Tersedianya Ruang Kerja dan Fasilitas Dosen yang Memadai
  1. Tersedianya ruang kerja dosen dengan luas paling sedikit 4M2 per dosen dengan fasilitas lengkap, peralatan kerja, penyimpanan, dan akses informasi dan komunikasi
  2. Tersedianya ruang rapat setiap jurusan yang memadai
 
Terwujudnya Sistem Operasional Prosedur Akademik dan Non-Akademik yang Standar
Fakultas memiliki SOP akademik dan non akademik
 
Meningkatnya Sistem Pengembangan Kompetensi dan Profesionalisme Dosen yang Memenuhi Kebutuhan PT
  1. Fakultas telah memiliki program pengembangan pendidikan bagi dosen ke jenjang lebih tinggi
  2. Fakultas memiliki pendanaan bagi keikutsertaan dosen pada forum ilmiah dan pelatihan di luar kampus
  3. Fakultas memiliki program diklat secara berkala untuk seluruh dosen tetap sesuai dengan bidangnya
  4. Kecukupan kebutuhan dosen tetap fakultas berdasarkan jabatan Fungsional
  5. Fakultas memiliki kerjasama dengan perguruan tinggi atau institusi lain untuk pengembangan fakultas
  6. Partisipasi yang aktif dalam kegiatan/workshop moderasi beragama baik di PT maupun di luar PT
  7. Penguatan moderasi beragama kepada Dosen/Tendik
 
Terpenuhinya Dosen yang Bergelar Doktor Per Fakultas
  1. Jumlah dan kualifikasi dosen tetap untuk setiap prodi di fakultas minimal 5 dosen tetap sesuai keahlian program studi
  2. Kecukupan dosen tetap dan tidak tetap berdasarkan jenjang Pendidikan
  3. Dosen bergelar Magister dan Doktor sesuai keahlian program studi pada program sarjana
  4. Program S2 dan S3 di fakultas, memiliki jumlah dosen tetap minimal 60% bergelar doctor
 
Terlaksananya Sistem Evaluasi Dosen yang Sesuai dengan Peraturan
  1. Rasio jumlah dosen tetap terhadap jumlah mahasiswa (SOSIAL/AGAMA)
  2. Rasio jumlah dosen tetap terhadap jumlah mahasiswa (EKSAKTA)
  3. Terlaksananya Kegiatan Tri Dharma Dosen Fakultas Per Prodi Per semester
 
Tersedianya Fasilitas Akademik dan Non Akademik yang Memadai
  1. Fakultas memiliki fasilitas ruang kelas sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi
  2. Fakultas memiliki fasilitas ruang pertemuan (meeting hall, teater room)
  3. Fakultas memiliki laboratorium dan perangkat yang sesuai dengan program studi
  4. Fakultas memiliki fasilitas tempat ibadah dan tempat diskusi mahasiswa yang nyaman dan lengkap
 
 
Sumber:
Sistem Manajemen Strategis (SMS) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2022
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH