-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Peristiwa Konferensi Mahasiswa Ke-3 Tahun 2022

Sunday, May 29, 2022 | 5:10:00 PM WIB Last Updated 2022-09-23T01:00:39Z
 




BANDUNG, Konferensi Mahasiswa adalah agenda tahunan forum ilmiah mahasiswa. Ia merupakan rangkaian peristiwa kepenulisan artikel dan publikasi ilmiah berbasis riset kolaboratif dosen dan mahasiswa.
 
Agenda 1 tahun 2020 level lokal. Agenda 2 tahun 2021 sudah mulai menggandeng mahasiswa lintas pendidikan tinggi dalam negeri. Saat ini, agenda 3 tahun 2022 sedang diupayakan menjangkau akademisi mancanegara.
 
Mahasiswa di ajang konferensi ini mempresentasikan hasil riset mereka. Audiens dari berbagai lingkup ilmu akan memberikan tanggapan. Sedangkan dewan juri berperan menyampaikan feedback (umpan balik) kelayakan publikasi di jurnal ilmiah.
 
Artikel hasil penyempurnaan akan dikualifikasi pada dua sasaran. Pertama, publikasi ilmiah himpunan konferensi (proceeding). Kedua, rekomendasi pengiriman artikel pada jurnal ilmiah reguler, baik nasional maupun internasional.
 
Konferensi ini berlangsung secara bergelombang. Gelombang 1 digelar melalui Zoom, Senin, 30 Mei 2022 Pukul 09.00-11.30 WIB. Gelombang berikutnya bergantung kesiapan artikel komunitas Kelas Menulis.
 
Kelas Menulis berdiri tahun 2020 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Secara berkala kelas ini melakukan penguatan publikasi ilmiah hasil riset kolaborasi dosen dan mahasiswa.
 
Sentra Publikasi Indonesia (SPI) tampil menjadi mitra yang berkomitmen melakukan akselerasi publikasi ilmiah hasil riset kolaborasi dosen dan mahasiswa. Bersama SPI berhimpun pula mitra kerja jurnal-jurnal ilmiah.
 
Wahyudin Darmalaksana, Penanggungjawab Konferensi Mahasiswa, sekaligus Dekan dan Pegiat Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan pernyataan.
 
“Konferensi tahun ke-3 ini diharapkan terlaksana hingga level internasional. Diharapkan pula tema-tema artikel mahasiswa dikelompokan sesuai isu dan lingkup ilmu,” ungkapnya.
 
 “Tentu siapapun bisa mendengarkan tema aktual pengembangan ilmu pengetahuan yang mereka perbincangkan di konferensi Mahasiswa,” pungkasnya, Minggu, 29/05/2022 [Fikra].
 

×
Berita Terbaru Update