Welcoming Speech Konferensi Mahasiswa Ke-3 Tahun 2022

 



 
Konferensi Mahasiswa ini merupakan rangkaian proses dari latihan penulisan artikel ilmiah. Setelah tuntas penulisan artikel melalui pendampingan dosen, mahasiswa diberikan peluang untuk presentasi artikel.
 
Konferensi Mahasiswa tahun 2022 merupakan agenda kali ketiga. Sebelumnya, tahun 2020 Konferensi Mahasiswa ke-1 hanya melibatkan mahasiswa internal pendidikan tinggi. Konferensi Mahasiswa ke-2 sudah mulai menggandeng mahasiswa lintas pendidikan tinggi dalam negeri. Diharapkan Konferensi Mahasiswa ke-3 tahun 2022, yang akan dilangsungkan secara bergelombang ini, turut berpartisipasi pula mahasiswa pendidikan tinggi luar negeri.
 
Di agenda konferensi ini, mahasiswa akan mempresentasikan artikel hasil riset mereka melalui kemitraan bersama dosen. Audiens dari berbagai bidang keilmuan akan memberikan tanggapan. Dan penelaah atau dewan juri akan memberikan feedback (umpan balik) kelayakan artikel untuk sasaran publikasi di jurnal ilmiah.  
 
Konferensi Mahasiswa ini “meniru” pengalaman terbaik (best practice) komunitas akademik global. Diketahui bahwa arah kebijakan di Indonesia menetapkan bahwa pendidikan tinggi harus mengupayakan pengakuan global. Terkait arah kebijakan ini, apa yang menjadi tantangan mahasiswa?
 
Pertama, terlibatnya mahasiswa dalam penelitian-penelitian dosen. Kedua, penguatan kemampuan bahasa asing. Ketiga, kolaborasi mahasiswa lintas pendidikan tinggi.
 
Untuk menghadapi seluruh tantangan di atas, perlu kiranya diperhatikan apa yang menjadi keseharian dalam aktivitas mahasiswa tingkat global. Dari situ akan diketahui apa yang sedang mereka upayakan dan cara terbaik bagaimana yang belum kita terapkan.
 
Saat ini apa yang sedang dilakukan oleh mahasiswa di berbagai negara akan mudah diketahui melalui media sosial seperti Twitter. Secara real time mahasiswa di media sosial saling bertutur tentang aktivitas mereka di dunia pendidikan tinggi.
 
Jika diperhatikan percakapan-percakapan mahasiswa tingkat global di media sosial seperti Twitter, tampak mereka membicarakan banyak hal.
 
Antara lain pelaksanaan riset, penulisan hasil riset dalam bentuk karya ilmiah, presentasi di antaranya yang paling populer melalui agenda konferensi, para mahasiswa dari berbagai pendidikan tinggi berhimpun di forum ilmiah tersebut, menerima feedback dari teman sebaya dan profesor, melakukan revisi artikel, pengiriman naskah ke open access journal, pendalaman substansi isi artikel atau paper melalui korespondensi elektronik minimal email, dan hingga pada akhirnya paper mereka terbit sebagai keharusan publikasi ilmiah.
 
Konferensi Mahasiswa adalah upaya bersama dalam rangka belajar dari pengalaman terbaik mahasiswa komunitas global. Sebuah ikhtiyar untuk diseminasi hasil penelitian bagi khalayak publik. Upaya ini diharapkan pula dapat memperkuat kolaborasi mahasiswa lintas pendidikan tinggi di dalam negeri dan luar negeri. Hingga pada akhirnya peristiwa ini menjadi budaya baru untuk mengupayakan pengakuan global.
 
Selamat untuk para mahasiswa lintas pendidikan tinggi yang mendapat kesempatan presentasi, semoga disusul oleh peserta lainnya. Terimakasih untuk para dewan juri atas kesediaan waktunya. Dan terimakasih untuk seluruh committee serta seluruh stakeholders atas terselenggaranya Konferensi Mahasiswa 2022.
 
Sambutan Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati pada Zoom Konferensi Mahasiswa, Senin, 30 Mei 2022. Acara ini diselenggarakan oleh Kelas Menulis bekerjasam dengan Sentra Publikasi Indonesia [FU].
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH