FORDEK Ushuluddin PTKI Se-Indonesia Kembali Gelar Kompetisi Academic Writing dan Konferensi Internasional Mahasiswa Tahun 2022

 


 
 
Pendidikan tinggi tengah mengupayakan rekognisi global. Forum Dekan (FORDEK) Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia kembali menggelar kompetisi academic writing dan konferensi internasional kolaborasi Dosen dan Mahasiswa.

 
Dr. Yusuf Rahman, MA., Ketua Umum FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia sangat mengharapkan pendidikan tinggi dapat terekognisi global. “Rekognisi global menjadi keniscayaan masing-masing pendidikan tinggi. Karena itu, rekognisi global mesti diupayakan melalui kolaborasi lintas pendidikan tinggi,” ungkap Ketua Umum didampingi jajaran pengurus pada Rapat Kerja FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia di Manado yang difasilitasi oleh Dr. Edi Gunawan, M.HI., Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Kamis-Minggu, tanggal 02-05 Juni 2022.

 
Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag., Penasehat FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia sangat mendukung berbagai kegiatan pendidikan tinggi yang mengupayakan rekognisi global. “Pengakuan global dapat diupayakan melalui penguatan kemitraan Dosen dan Mahasiswa dalam riset, konferensi internasional, dan publikasi ilmiah lintas perguruan tinggi,” ungkap Penasehat FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia.
 
Agenda yang tengah disiapkan bernama “Academic Writing Competition on Islamic Studies” (AWCIS). Agenda berikutnya adalah konferensi internasional. Pada 2022 ini merupakan kegiatan tahun kedua setelah sebelumnya dilaksanakan tahun 2021. Agenda ini merupakan mandat rapat kerja yang menjadi tanggung jawab Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi (KPP) FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia.


Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., CHS., Ketua Bidang KPP bersama seluruh jajaran tengah menyiapkan kegiatan. “Kami tengah menyiapkan agenda kegiatan. Agenda ini menjadi bagian dari MoU dalam bentuk realisasi kegiatan. Mohon dukungan berbagai pihak agar kegiatan berjalan lancar,” tuturnya didampingi Dr. Muhsin Mahfudz, M.Th.I., Wakil Ketua Bidang dan para jajaran Bidang KPP FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia.

 
Rencana kegiatan di bawah ini:
 
Tahap Penulisan
Mahasiswa berhak mendapat pendampingan dalam penulisan artikel sesuai modul. Modul penulisan mencakup tahapan, sejak tahap 1 sampai tahap 11. Termasuk di dalamnya penggunaan manajemen pengutipan Mendeley. Mahasiswa akan berkompetisi pada tiap tahap sampai penulisan artikel tuntas.
 
Tahap Re-See
Setelah penulisan artikel tuntas, mahasiswa akan menghubungi dosen untuk kepentingan Re-See. Re-See adalah peninjauan kembali naskah artikel, area mana yang harus dipotong, ditambah, dan ditata ulang. Dosen bidang keilmuan berperan mempertimbangkan kedalaman substansi isi artikel, logika, dan tata bahasa.  
 
Tahap Konferensi
Setelah tahap Re-See, agenda berikutnya konferensi internasional. Mahasiswa akan registrasi konferensi, mengirim abstrak, dan presentasi dalam bahasa asing. Audiens peserta konferensi akan memberikan tanggapan. Sementara itu, dewan juri konferensi bertugas memberikan penilaian untuk kategori presenter artikel terbaik.
 
Tahap Publikasi
Mahasiswa lintas pendidikan tinggi akan berkolaborasi untuk penyempurnaan artikel. Hal ini meliputi swasunting (self-editing), validasi referensi, cek plagiasi maksimal similarity 15%, paraphrase, proofreading, dan templating. Artikel akan diterbitkan di jurnal ilmiah conference series dalam bentuk prosiding. Artikel terpilih akan direkomendasi untuk penerbitan di jurnal ilmiah reguler. Selebihnya, akan diterbitkan dalam bentuk book chapter ISBN.
 
Persyaratan
Peserta merupakan mahasiswa delegasi resmi Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah di lingkungan PTKI Se-Indonesia. Utusan mahasiswa maksimum sebanyak 4 (empat) orang.
 
Tanggal-tanggal Penting
  • Pengiriman utusan paling lambat, 30 Juni 2022
  • Penulisan artikel (coaching & clinic), 05-23 Juli 2022
  • Pelaksanaan Re-See, 25-30 Juli 2022
  • Pelaksanaan konferensi, 09-11 Agustus 2022
  • Publikasi ilmiah, 27 Agustus 2022
 
Sekretariat
Bidang KPP FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia. Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Kampus I Jalan AH. Nasution No. 105 Bandung, Indonesia. Kontak person Hidayatul Fikra +62 821-2109-8357 dan Susanti Vera +62 813-1257-1309. Berita ini dirilis oleh Sentra Publikasi Indonesia, Jum’at, 10/06/2022 [Widodo/Yoga].

Comments

  1. Excellence fak ushuluddin bdg. Ikut support pak dekan.

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah sangat mantap selalu...barusan Dr. Yusuf Rahmah kalau tidak salah asessor Visitasi IAT pasca

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH