Pertama di Indonesia HMJ IAT UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Conference on Al-Qur’an and Tafsir (COATS) 2022

 



 
Konferensi di mana pengusungnya adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) pada jenjang sarjana dipastikan merupakan agenda yang pertama kali digelar di Indonesia. Biasanya konferensi dilaksanakan oleh tingkat program studi, tingkat fakultas, dan tingkat asosiasi keilmuan.
 
Di masa lalu, mahasiswa biasa presentasi makalah di depan kelas. Saat ini, HMJ membuka peluang agar mahasiswa mempunyai kesempatan untuk presentasi karya mereka di ruang yang lebih luas dalam kegiatan konferensi.
  
Konferensi digelar oleh HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Konferensi ini bernama Conference on Al-Qur’an and Tafsir (COATS) Tahun 2022.
 
COATS 2022 merupakan lanjutan dari Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) ke-3. WPAJ merupakan agenda tahunan HMJ IAT FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung. WPAJ ke-3 dilaksanakan tanggal 18 Juni 2022.
 
COATS 2022 adalah agenda konferensi tahun pertama pasca WPAJ-3. Artikel-artikel dari WPAJ-3 dipresentasikan di COATS-1 dihadapan audiens dan juri. Presentasi masing-masing artikel berlangsung 5 (lima) menit. Presentasi dilakukan dengan menggunakan bahasa asing. Dari presentasi ini akan diumumkan The Best of Article and Presenter COATS-1 2022.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., CHS., Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung sangat mengapresiasi kegiatan HMJ IAT. “Ini ide baru, kreatifitas, inovasi, dan budaya akademik baru,” tutur Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., saat memberikan sambutan pada COATS ke-1 HMJ IAT FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jum’at, 15 Juli 2022.
 
Dekan berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan luar biasa ini dan agar HMJ memastikan kelanjutan COATS-2, COATS-3 dan seterusnya di tahun-tahun mendatang. Dekan juga mengharapkan agar COATS di masa depan dapat terlaksana melalu kolaborasi dengan seluruh HMJ IAT di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).
 
Ecep Ismail, M.Ag., Ketua Jurusan IAT memberi dukungan yang sangat besar. “Kami melihat kultur akademik di mahasiswa makin terbangun. Terlebih dengan dilaksanakannya COATS ini,” tutur Ecep Ismail, M.Ag. didampingi Siti Chodijah, M.Ag., Sekretaris Jurusan IAT FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  
 
Sejumlah dosen berperan sebagai juri pada COATS-1, yaitu Irma Riyani, Ph.D., Dr. Dadan Rusmana, M.Ag., dan Busro, M.Ag. Seluruhnya adalah dosen-dosen yang produktif dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional.      
 
Para juri memberikan komentar untuk artikel-artikel yang dipresentasikan. Kriteria penilaian meliputi substansi, metodologi, gaya bahasa dan selingkung, dan teknis penulisan. Substansi di antaranya kebaruan, kedalaman, dan kontribusi keilmuan. Teknis penulisan di antaranya penggunaan aplikasi manajemen pengutipan, validitas rujukan, dan kerapian. Selain memberikan penilaian, para juri juga mengapresiasi panitia atas terselenggaranya COATS 2022.

 
Peserta konferensi sebanyak 75 orang. Presentasi menggunakan dua model, yaitu oral dan audio visual. COATS-1 dilaksanakan secara hybrid dari Labs IAT FU. “Pasca konferensi kami akan mengupayakan publikasi ilmiah,” ungkap M. Zia Ulhaq Albana Ketua Umum HMJ IAT.
 
COATS-1 2022 digelar oleh Departemen Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI) HMJ IAT. “Kami mohon agar presenter memperbaiki artikelnya sesuai ulasan para juri untuk kepentingan publikasi di jurnal ilmiah,” tutur Shifwah Salsabila Zahira Ketua Panitia didampingi Nazwa Amalia Sekretaris Panitia COATS-1 2022 [FU].
 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN