Kelas Menulis Terapkan Model MasterChef Indonesia dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

 





Suatu tindakan kalau menerapkan strategic planning (perencanaan strategis) pasti memiliki target. Ini lazim diterapkan di Kelas Menulis dalam latihan menulis artikel. Kelas Menulis selalu berusaha mengubah pola. Seperti ujaran Sun Tzu “jangan menempuh jalan yang sama untuk mengulangi sukses.”
 
Sebelum ini digunakan pola “Writing more, better, together.” Pola ini digunakan dalam pelatihan penulisan artikel untuk 30 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang tanggal 21 Juli 2022.

Sebelum itu diterapkan pola “the student's views and the tutor's feedback.” Pola ini diterapkan dalam pelatihan penulisan artikel untuk 50 mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari tanggal 1 Juli 2022. 

Seluruh rangkaian peristiwa pasti memiliki target sukses. Sejumlah latihan selama ini berhasil hingga penerbitan artikel di jurnal ilmiah. Meskipun begitu pola baru harus terus ditemukan karena kendala selalu ada bergantung kondisi.
 
Selanjutnya, pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan pola yang berbeda berlangsung di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Siliwangi Garut tanggal 3 Agustus 2022. Peristiwa ini melibatkan tiga peran utama, yaitu: 1) Academic writing module guide; 2) Quick writing practice; dan 3) Article writing participants. 

Uji model tersebut terinspirasi penayangan Chef Juna dalam acara MasterChef Indonesia. “Targetnya penulisan artikel tuntas,” tutur Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa, 2/8/2022 [FU].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN