Pengertian-pengertian Sederhana dan Praktis dalam Kelengkapan Penulisan Artikel Ilmiah Ala Kelas Menulis

 





Judul atau topik penelitian merupakan pernyataan visi berupa kalimat dan terkadang ditambah sub kalimat. 
 
Nama, afiliasi, dan email penulis
 
Abstrak meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan
 
Kata kunci minimal tiga dan maksimal lima kata kunci disusun sesuai urutan alphabet.
 
Pendahuluan adalah gerobak kata yang mengantarkan pembaca pada fokus studi.
 
Latar belakang penelitian meliputi 3 (tiga) unsur, yaitu: 1) Sorotan (highlight); 2) Namun yang tidak menghakimi orang atau pihak lain; dan 3) Oleh karena itu, yaitu penegasan bahwa fokus studi penting untuk dilakukan penelitian.
 
Hasil penelitian terdahulu dan perbedaannya dengan penelitian sekarang adalah hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian sekarang berikut persamaan dan perbedaannya dengan penelitian sekarang. Hasil penelitian terdahulu memiliki 3 (tiga) fungsi, yaitu: 1) Untuk membaca teori, konsep-konsep, dan metode yang mungkin akan digunakan dalam penelitian sekarang; 2) Untuk menegaskan posisi dan sikap penulis dalam pilihan menolak, mendukung, atau melakukan sintesis di antara penelitian-penelitian yang telah ada; dan 3) Berperan untuk mitra dialog dalam membandingkan hasil atau temuan penelitian antara hasil penelitian terdahulu dan hasil penelitian sekarang nanti di bagian pembahasan.
 
Kerangka berpikir memiliki 3 (tiga) pengertian, yaitu: 1) Alur logis secara garis besar berjalannya penelitian; 2) kerangka berpikir dapat dipahami pula sebagai jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan penelitian; dan 3) Dipahami sebagai miniature pembahasan penelitian yang akan dikembangkan nanti di bagian hasil dan pembahasan penelitian.
 
Setelah kerangka berpikir akan dihasilkan hipotesis bila pendekatan kuantitatif.
 
Landasan teori bisa dipahami dalam beberapa pengertian, yaitu: 1) Teori utama yang akan dijadikan landasan teoritis nanti dalam melakukan analisis terhadap hasil penelitian; 2) Sebuah gambaran tentang objek formal dan objek material penelitian serta konteks penelitian; dan 3) Bisa dipahami pula sebagai konsep-konsep utama yang digunakan dalam penelitian.
 
Pernyataan visi penelitian, yaitu kalimat utama penelitian yang akan didistribusikan pada permasalahan utama, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Termasuk didistribusikan pula pada manfaat dan kegunaan penelitian, baik secara teoritis dan praktis.
 
Metode penelitian adalah sebuah scenario yang apabila digunakan oleh peneliti lain dalam melakukan penelitian terhadap fokus studi yang sama maka akan menghasilkan kesimpulan yang sama. Ia meliputi pendekatan dan metode penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan tempat dan waktu penelitian bila penelitian lapangan. Disertakan rumus hipotesis bila pendekatan kuantitatif.
 
Hasil penelitian adalah sajian data hasil pengolahan dengan menggunakan metode tertentu yang disebutkan di bagian metode penelitian.
 
Setelah hasil penelitian ditampilkan pengujian hipotesis bila pendekatan kuantitatif.
 
Pembahasan mencakup susunan berikut ini: 1) Sajian hasil utama penelitian; 2) Tinjauan hasil utama penelitian berdasarkan landasan teori; 3) Perbandingan dengan hasil penelitian terdahulu; 4) Kontribusi untuk lingkup ilmu spesifik; dan 5) Kontribusi untuk lingkup ilmu-ilmu lain.
 
Simpulan penelitian meliputi susunan berikut ini: 1) Hasil akhir; 2) Implikasi manfaat teoritis dan praktis; 3) Keterbatasan penelitian untuk studi lanjut; dan 3) Rekomendasi penelitian.
 
Referensi menggunakan Mendeley, paling sedikit 10 rujukan, 80% dari artikel jurnal ilmiah, sumber rujukan paling lama 5 tahun terakhir, dan harus rapi dan valid dalam arti dapat diverifikasi.
 
 
Bandung 02 Agustus 2022
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 
  
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN