-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kabar Gembira dari Kelas Menulis untuk Mahasiswa Baru Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Friday, September 2, 2022 | 7:36:00 AM WIB Last Updated 2022-09-21T09:07:36Z
 

 


 
Writing Center atau yang lebih dikenal dengan Kelas Menulis adalah pusat penulisan karya ilmiah yang bertujuan membantu mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah.
 
Di Kelas Menulis ini mahasiswa dilatih menulis artikel ilmiah. Hasil tulisannya dikirim ke jurnal ilmiah. Targetnya adalah agar mahasiswa selama masa kuliah memiliki pengalaman publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah adalah penerbitan artikel ilmiah di jurnal ilmiah.
 
Bagi mahasiswa, publikasi ilmiah merupakan prestasi. Sebuah prestasi yang menunjukkan seseorang mempunyai keterampilan menulis artikel ilmiah. Artikel ilmiah adalah karya ilmiah hasil penelitian (riset). Di antaranya riset mini (mini research) yang biasa dilakukan oleh mahasiswa.
 
Punya keahlian menulis artikel ilmiah sangat penting sebagai keahlian dasar yang mesti dimiliki oleh setiap mahasiswa. Jika seseorang berhasil mempublikasikan artikel di jurnal ilmiah, berarti ia turut membantu pemerintah dalam penyebarluasan pengetahuan kepada masyarakat.
 
Keterampilan menulis artikel ilmiah juga sangat berharga karena akademisi termasuk mahasiswa wajib menyebarluaskan hasil penelitiannya. Daripada itu, beberapa pendidikan tinggi menerapkan kebijakan, bila semasa kuliah mahasiswa mampu mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal ilmiah yang bereputasi tinggi, maka terbitannya dapat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai tugas akhir dalam memperoleh gelar sarjana.
 
Kelas Menulis diselenggarakan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2020. Sebanyak 543 artikel ilmiah mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah berhasil terbit di jurnal ilmiah sampai 9 September 2022. Di antaranya 173 publikasi ilmiah sidang tugas akhir untuk meraih gelar sarjana.
 
Selain mengadakan pelatihan menulis artikel ilmiah, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga mengelola konferensi mahasiswa dan mengelola jurnal ilmiah. Konferensi adalah pertemuan ilmiah yang memfasilitasi presentasi artikel untuk publikasi ilmiah.
 
Saat ini, ada 4 (empat) jurnal ilmiah yang dikelola oleh Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Yaitu Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin (JPIU), Jurnal Riset Agama (JRA), Journal of Sprituality and Local Wisdom (SLW), dan Journal of Takhrij Al-Hadith (JTH).
 
Tentu saja sangat membanggakan sebab pelatihan menulis artikel ilmiah, termasuk di dalamnya latihan menggunakan aplikasi pengutipan semisal Mendeley, pelaksanaan kegiatan (event) konferensi, dan optimalisasi jurnal ilmiah semuanya dikelola oleh alumni. Yakni alumni Kelas Menulis.
 
Mahasiswa baru gabung di Kelas Menulis Ya! Yang belum bisa menulis pasti bisa menulis. Demikian kabar gembira dari Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jum’at, 02/09/2022 [KM-FU].
 
 

×
Berita Terbaru Update